get app
inews
Aa Read Next : Tradisi Unik Jepang di Awal Tahun, Menyucikan Diri Dengan Berendam Air Es

Beragam Tradisi Unik Diberbagai Daerah Peringati 17 Agustus

Kamis, 18 Agustus 2022 | 11:26 WIB
header img
Berbagai perlombaan digelar di berbagai daerah rayakan HUT Kemerdekaan (Foto: iNews.id)


BADUNG, iNews.id - Masing-masing daerah memiliki tradisi berbeda untuk memeriahan HUT Kemerdekaan Indonesia. Beragam kegiatan seperti perlombaan, tirakatan hingga tradisi tumpengan. 

Inilah 11 tradisi unik dari berbagai daerah untuk peringati kemerdekaan RI :

1. Tutunggulan - Jawa Barat

Merupakan kegiatan yang rutin digelar di desa wisata Lembur Kahuripan, Jawa Barat. Kegiatan ini merupakan kegiatan menumbuk padi yang tidak dilakukan setiap hari, melainkan hanya dilakukan pada hari atau acara khusus, seperti penyambutan tamu, acara hajatan atau syukuran, dan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.  

2. Peresean - Lombok

Di daerah Lombok, tradisi peresean ini dilakukan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Dalam kegiatan peresean ini terdapat pertemuan antara dua budaya Muslim Sasak dan Hindu Bali, serta pepadu pendukung. 

Bahkan tarian tradisional Bali yang biasa dibawakan sebagai pembuka sebelum acara berlangsung. Kegiatan Peresean dilakukan dalam memeriahkan kegiatan 17 Agustus dan sebagian juga memiliki anggapan sebagai ritual dalam meminta hujan.

3. Karapan Kambing - Probolinggo

Tradisi unik 17 Agustus di berbagai daerah Indonesia selanjutnya ada karapan kambing dari Probolinggo, Jawa Timur. Karapan kambing berawal dari upaya hiburan, karena telah bekerja seharian sebagai petani atau pedagang.

Karapan kambing sama dengan karapan sapi, namun yang membedakannya adalah jenis binatang yang dilombakan. Karapan kambing diselenggarakan satu tahun sekali yang biasanya dilakukan pada tanggal 17 Agustus. 

4. Sepakbola Durian - Kebumen

Di daerah Kebumen, masyarakat melakukan tradisi sepak bola durian pada tanggal 17 Agustus, yaitu kegiatan yang dilakukan layaknya bermain sepak bola, namun yang membedakan adalah bola yang digunakan diganti dengan durian. 

Tradisi di daerah Kebumen ini terbilang mengerikan, sehingga orang-orang yang boleh mengikuti kegiatan permainan ini hanyalah orang-orang tertentu yang dapat dikatakan memiliki kemampuan khusus. 

5. Tirakatan - Jawa

Selanjutnya adalah tradisi tirakatan yang merupakan kegiatan ritual dengan tidak tidur semalam dan tuguran atau perenungan diri sambil berdoa. Tradisi ini bertujuan agar masyarakat Jawa lebih mawas diri.

Namun, dalam memperingati Hari Raya Kemerdekaan 17 Agustus, biasanya tradisi ini dilakukan pada tanggal 16 Agustus malam hari. Pada saat itulah masyarakat berkumpul untuk mengenang jasa pahlawan, berdoa bersama, hingga makan bersama. 

6. Pawai Jampana - Bandung

Tradisi pawai 17 Agustus di daerah Bandung, Jawa Barat ini merupakan kegiatan pawai yang memiliki keunikan tersendiri, sehingga berbeda dengan pawai pada umumnya, yaitu memakai tandu besar yang berisi aneka hasil bumi, seperti sayuran, padi, dan kerajinan masyarakat setempat, serta macam-macam makanan berkeliling kampung.

Lalu, pada akhirnya kerajinan dan makanan tersebut akan diperebutkan oleh masyarakat yang mengikuti ataupun memperhatikan pawai.

7. Barikan - Malang

Kegiatan 17 Agustus di Malang berbeda lagi. Sebab, di Malang melakukan tradisi yang bernama barikan, yakni acara syukuran yang diselenggarakan pada tanggal 16 Agustus di malam hari.

Acara syukuran ini biasanya diadakan oleh setiap kampung dan diadakan doa hingga makan bersama sambil merenungkan kemerdekaan Indonesia dan bersilaturahmi antar masyarakat.  

8. Obor Estafet - Semarang

Obor estafet merupakan tradisi unik 17 Agustus di berbagai daerah Indonesia dari Semarang. Perayaan 17 Agustus ini sudah dilakukan sejak dulu setiap tanggal 17 Agustus, dengan cara membawa obor sambil lari.

Biasanya yang mengikuti lomba lari obor estafet ini adalah para atlet terbaik di Semarang. Menggunakan obor sebagai objeknya, karena obor dianggap sebagai bentuk semangat para pahlawan saat memperjuangkan kemerdekaan republik Indonesia. 

9. Telok Abang - Palembang

Telok abang merupakan mainan khas yang dibuat oleh orang Palembang sebagai tradisi untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Telok abang adalah mainan berbentuk kapal laut, pesawat terbang, atau kereta yang terbuat dari bahan gabus dan dihiasi oleh  tempelan berwarna-warni.

Konsep 17 Agustus yang menarik ini adalah mainan ini diberi telur rebus yang terletak di bagian tengah kapal dan diberi warna merah. Mainan ini hanya ada pada tanggal 17 Agustus. 

10. Lomba Dayung - Banjarmasin

Di daerah Banjarmasin ada tradisi unik 17 Agustus di berbagai daerah Indonesia, yakni lomba dayung. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak dahulu kala. Kegiatan loma ini selalu dilakukan di sungai Martapura. 

Selain bertujuan untuk meriahkan dalam hari kemerdekaan, lomba ini juga bertujuan untuk mencari atlet dayung terbaik. 

11. Pacu Kuda - Aceh

Tradisi unik yang terakhir adalah Pacu Kuda di daerah Aceh. Tradisi ini merupakan kegiatan permainan masyarakat yang sudah ada sejak masa kolonial Belanda. 

Kemudian, pada tanggal 1956, permainan pacu kuda ini resmi diambil kekuasaannya oleh pemerintah setempat.

Setelah diambil alih oleh pemerintah, masyarakat Aceh beranggapan bahwa permainan pacu kuda menjadi bentuk perjuangan rakyat untuk mendapatkan kemerdekaan. 

Hal inilah yang menjadikan permainan pacu kuda diselenggarakan setiap tanggal 17 Agustus. 

Itulah 11 tradisi unik 17 Agustus di berbagai daerah Indonesia yang perlu kamu ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kamu ya. Semangat belajar.

Editor : Bramantyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut