get app
inews
Aa Read Next : Respati Ardi Blusukan di Gilingan, Didoakan jadi Penerus Gibran Rakabuming Raka

Gusti Bhre - Astrid Widayani Terunggul di Jajak Pendapat Solo Raya Polling

Kamis, 22 Agustus 2024 | 20:50 WIB
header img
Suwardi, Direktur Solo Raya Polling saat memaparkan hasil jajak pendapat calon walikota dan wakil walikota Surakarta. Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid

SOLO, iNewsbadung.id - Gusti Bhre - Astrid Widayani disebut terunggul menjadi calon walikota dan wakil walikota Surakarta, pada jajak pendapat ke-4 yang dilakukan Solo Raya Polling

Survei keempat yang dilakukan Solo Raya Polling mulai Minggu (28/7/2024) sampai Senin (5/8/2024) ini melibatkan 735 sample yang terdistribusi di 105 titik lokasi survei, dengan masing-masing titik lokasi sample responden berjumlah tujuh orang. 

Direktur Solo Raya Polling, Dr. Suwardi menyebutkan, untuk simulasi pertama pasangan calon, pihaknya memasangkan Gusti Bhre - Astrid Widayani, ditarungkan dengan pasangan yang diusung PDIP yaitu Teguh Prakosa - Her Suprabu.

Dari survei ini, pasangan Gusti Bhre - Astrid Widayani memperoleh 54,7 persen, sedangkan pasangan Teguh Prakosa - Her Suprabu mendapatkan 41,0 persen.

Untuk simulasi pasangan ini jika dilihat dari kekuatan partai politik, pasangan Gusti Bhre - Astrid yang diusung Partai Gerindra, PSI, PKS, PAN, PKB dan Partai Golkar mendapatkan angka 61,5%.

Pasangan Teguh Prakosa - Her Suprabu yang diusung PDIP mendapatkan 35 persen.

Pada simulasi kedua, Gusti Bhre dipasangkan dengan kader PKS, Sugeng Riyanto, serta Teguh Prakosa tetap dipasangkan dengan Her Suprabu.

Pada simulasi pertama elektabilitas pasangan calon walikota - wakil walikota, Gusti Bhre - Astrid memperoleh 54,7 persen dan Teguh - Her Suprabu mendapatkan 41,0 persen. 

Simulasi kedua elektabilitas pasangan calon walikota - wakil walikota, Gusti Bhre - Sugeng Riyanto mendapatkan 54,1 persen dan Teguh - Her Suprabu memperoleh  40,1 persen. 

"Kesimpulannya, Gusti Bhre disandingkan dengan siapa saja tetap memenangi. Artinya tingkat kesukaan terhadap Gusti Bhre memiliki data validasi," terang Suwardi. 

Pada survei sebelumnya, Suwardi menyebutkan bahwa Solo Raya Polling menduga Sugeng akan merapat ke PDIP karena seringnya bersilaturahmi ke markas PDIP Surakarta di wilayah Pucangsawit. 

Sementara untuk perolehan suara pada jajak pendapat calon Walikota Surakarta, disebutkan Suwardi bahwa Gusti Bhre memiliki elektabilitas tertinggi yakni 49,7 persen, Teguh Prakosa berada di urutan kedua dengan angka 37,3 persen dan urutan ketiga yakni Her Suprabu dengan perolehan suara 3,8 persen.

Suwardi menambahkan jajak pendapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa indikasi, antara lain kecocokan atau kesukaan calon pemimpin, di mana dari kriteria ini, posisi pertama diraih Gusti Bhre dan posisi kedua yakni Teguh Prakosa. 

Indikasi kedua adalah memperhatikan tingkat kehandalan calon pemimpin, di mana Teguh Prakosa menempati posisi pertama, Gusti Bhre posisi kedua, Astrid Widayani posisi ketiga dan Her Suprabu berada di posisi keempat. 

Indikator lain yakni elektabilitas calon walikota, yang menempatkan Gusti Bhre pada posisi pertama, Teguh Prakosa pada posisi kedua dan posisi ketiga yakni Her Suprabu. 

Her Suprabu disebutkan Suwardi dimasukkan dalam simulasi calon walikota, karena tagline Her Suprabu di mana-mana sebagai calon walikota, meskipun masyarakat menilai jika Her Suprabu lebih cocok menjadi wakil walikota. 

Semoga tulisan tentang Gusti Bhre - Astrid Widayani Terunggul di Jajak Pendapat Solo Raya Polling, dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut