get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Klungkung dan Yayasan Marutha Sejahtera Abadi Bersinergi Bangun TPA Modern di Dawan Kaler

Sukses Tangani Stunting, Klungkung Terima Penghargaan Prevalensi Stunting Terendah Nasional

Selasa, 02 Juli 2024 | 18:24 WIB
header img
emerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung berhasil menurunkan angka stunting hingga 4,9%. Foto: Ist

KLUNGKUNG, iNewsBadung.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung berhasil menurunkan angka stunting hingga 4,9%. Presentase tersebut membawa Klungkung meraih penghargaan prevalensi stunting dari Kementerian Kesehatan. 

"Saya mewakili seluruh masyarakat bersyukur Klungkung sangat bersyukur atas penghargaan yang kami terima ini. Saya pun berterimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat, karena penghargaan ini adalah hasil dari kerja keras kita semua. Oleh karena itu, saya berkomitmen untuk terus berinovasi dan mendukung arahan dari pemerintah pusat terkait program zero stunting," tutur Pejabat (Pj) Bupati Klungkung, I Nyoman Jendrika pada Selasa  (02/07/2024).

Berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) yang telah dirilis oleh Kemenkes RI menunjukan bahwa angka prevalensi stunting di Kabupaten Klungkung pada tahun 2023 berada di angka 4,9%.

"Penanganan stunting tidak bisa dilakukan oleh segelintir dinas saja, tetapi harus melibatkan dinas-dinas lintas sektor dan stunting menjadi salah satu fokus Pemkab Klungkung karena selaras dengan target dari Presiden Jokowi dalam mempersiapkan Generasi Indonesia Emas 2045," papar I Nyoman Jendrika.

Berdasarkan data Pemkab Klungkung secara konsisten berhasil menurunkan angka stunting dari tahun ke tahun. Pada tahun 2021 angka prevalensi stunting dari berada di angka 19,4%, lalu turun menjadi 7,7% pada tahun 2022. Pada tahun ini kembali turun menjadi 4,9% dan menjadi salah satu yang terendah di Indonesia.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut