get app
inews
Aa Read Next : Pendamping PKH Apresiasi Kinerja Pos Indonesia pada Penyaluran Bansos Sembako dan PKH di Denpasar

Sambung Rasa Reforma Agraria Summit 2024: Menilik Satu Dekade Reforma Agraria di Indonesia

Senin, 17 Juni 2024 | 14:34 WIB
header img
Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Direktorat Jenderal Penataan Agraria menyelenggarakan Reforma Agraria, RA Summit 2024 pada 14-15 Juni 2024 di Bali. Foto: Ist

Lebih lanjut, Dwi Budi Martono melaporkan bahwa hari kedua RA Summit 2024, yaitu Sabtu (15/06/2024), merupakan puncak pertemuan yang menampilkan potret pelaksanaan Reforma Agraria. Akan ditayangkan video kaleidoskop dan sambutan langsung dari Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengenai 1 Dekade Reforma Agraria periode 2014-2024.

Selain itu, akan dilakukan penyerahan Akta Pernyataan Pelepasan Sebagian Hak Guna Usaha (HGU) PT Sumber Agro Makmur untuk Reforma Agraria dan penyerahan 210 Sertifikat Tanah Elektronik. Sertifikat yang akan diserahkan meliputi sertifikat hasil Redistribusi Tanah dan sertifikat objek yang berasal dari Pelepasan Kawasan Hutan untuk eks pengungsi Timor-Timur.

"Penyerahan sertifikat untuk eks pengungsi Timor-Timur ini menjadi bagian dari penyelesaian konflik agraria yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun," jelas Dwi Budi Martono.

Pada Sambung Rasa Reforma Agraria Summit 2024 ini, beberapa panelis hadir sebagai pembicara, antara lain Kepala Badan Informasi Geospasial, Muh. Aris Marfai; Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Suyus Windayana; Direktur Jenderal Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang, Virgo Eresta Jaya; Asisten Deputi Penataan Ruang dan Pertanahan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Marcia Tamba; serta Direktur Program Pangan, Lahan, dan Air World Resource Institute (WRI), Tomi Haryadi.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut