get app
inews
Aa Read Next : Perayaan Anniversary ke-11 The Stones Hotel, Menggabungkan Seni dan Budaya Bali serta Indonesia

Update BMKG,Peringatan Dini Gelombang Tinggi Berpotensi mulai 12 Januari 2023 sampai 13 Januari 2023

Rabu, 11 Januari 2023 | 20:55 WIB
header img
BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrim terutama gelombang tinggi di Perairan Indonesia (ilustrasi/Ant).

5. Potensi Tinggi Gelombang 2.5 - 4.0 M

Tinggi gelombang 2.5 - 4.0 m berpeluang terjadi di perairan selatan Jawa Timur, perairan selatan Bali, Samudra Hindia selatan Jawa Barat, hingga NTB, Laut Sulawesi bagian timur, perairan Kepulauan Sangihe hingga Kepulauan Talaud, dan Samudra Pasifik utara Halmahera. 

6. Saran Keselamatan

Terkait banyaknya wilayah perairan yang berpeluang mengalami tinggi gelombang, dari sedang hingga tinggi, BMKG menghimbau agar memperhatikan keselamatan pelayaran. 

7. Penyesuaian Ukuran Kapal 

BMKG juga menghimbau agar kapal-kapal yang berlayar, selalu memperhatikan kecepatan angin dan tinggi gelombang, yaitu Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m) dan Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo atau Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

8. Waspada bagi Masyarakat Pesisir 
Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir, terutama sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi, agar tetap selalu waspada. ***

Editor : Dian Burhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut