get app
inews
Aa Read Next : Beredar Video Kepanikan Penumpang Saat Gempa Maluku Membuat Kapal di Pelabuhan Tual Oleng

Begini Tanggapan Peneliti soal Fenomena Muncul Pulau Baru Setelah Gempa Besar Guncang Maluku

Selasa, 10 Januari 2023 | 21:43 WIB
header img
Fenomena pulau baru di Desa Teinaman kecamatan Tanimbar utara setelah gempa besar berkekuatan magnitudo 7,5 mengguncang Maluku. (Foto: Antara/Dok. warga)

Menurutnya, fenomena munculnya pulau baru di Tanimbar, besar kemungkinan sebelum munculnya pulau baru, laut dangkal sehingga ketika gempa menyentak, dasar laut dangkal ini bisa menyembul ke atas permukaan laut menjadi pulau baru. 

"Untuk mengkonfirmasi prosesnya seperti apa sebelum kejadian gempa, kemungkinan masyarakat sudah mengamati apakah laut dangkal relatif dekat dengan permukaan air sehingga dengan sekali hentakan kejadian gempa, maka kemudian seolah-oleh muncul menjadi pulau baru," katanya. 

Dia menjelaskan, pada prinsipnya hampir seluruh kepulauan di Indonesia sebagian besar terbentuk karena proses tektonik dan vulkanik, mengakibatkan semua yang berada di bawah laut dalam satu masa muncul ke atas permukaan laut. 

Indonesia, kata dia merupakan negara yang memiliki gunung api paling banyak di dunia dan proses pembentukan gunung itu menjadi salah satu faktor yang kemudian menyebabkan munculnya daratan keluar dari lingkungan perairan atau laut.

Kemudian faktor kedua, disebut sebagai tektonik karena pengangkatan daratan itu secara perlahan-lahan, juga secara cepat mengikuti siklus gempa bumi. 

"Saat energi terkumpul melampaui plastisitas kerak bumi, kerak patah dan terangkat menjadi pulau baru," ucapnya.***

Editor : Dian Burhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut