get app
inews
Aa Read Next : Resmi Dibuka, Mangkunegaran Makan Makan Sediakan Puluhan Stand

Apa Makna Batik Motif Parang yang Dilarang Dipakai pada Resepsi Kaesang-Erina

Kamis, 08 Desember 2022 | 01:00 WIB
header img
Menelisik batik parang yang digunakan saat resepsi pernikahan Kaesang-Erina (Foto: Wikipedia)

BADUNG, iNewsbadung.id - Para Tamu yang bakal menghadiri Pernikahan Kaesang dan Erin Gudono di Pura Mangkunegaran dilarang untuk menggunakan batik bermotif parang.

Bahkan pihak panitia pernikahan Kaesang dan Erina Gudono berulang kali mewanti-wanti penggunaan batik motif parang saat menghadiri resepsi pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo di Pura Mangkunegaran.

Juru Bicara Pernikahan Kaesang-Erina, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, aturan tersebut datang dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegoro (MN) X.

Dilansir dari Goodnewsfromindonesia.id, batik parang merupakan salah satu motif tertua. Parang berasal dari kata pereng, artinya adalah ‘lereng’. Pereng atau perengan merepresentasikan garis menurun secara diagonal.

Situs Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta menuliskan, Sultan Agung Hanyokrokusumo merupakan raja Mataram Islam yang memerintah pada tahun 1613—1645. Pada masa Mataram Islam, motif parang hanya boleh digunakan oleh para raja dan keturunannya (sentana).

Namun, seiring waktu berjalan, masyarakat juga menggunakan batik dengan motif parang. Setelah masa kemerdekaan Indonesia, aturan penggunaan motif batik tersebut mengalami pelonggaran. Namun, motif parang masih menjadi motif yang ditinggikan di lingkungan Keraton Surakarta, Yogyarakta, Mangkunegaran, dan Pakualaman.

Editor : Bramantyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut