JAKARTA, iNewsbadung.id - Maskapai domestik asal Indonesia, Lion Air dan Wings Air, masuk dalam daftar 10 maskapai layanan terburuk di dunia. Daftar tersebut merupakan hasil survei dari layanan travel Bounce.
Hasilnya dirilis dalam nama The 2022 Airline Index. Perhitungan dilakukan kepada 50 maskapai penerbangan terbesar di dunia dan 12 maskapai penerbangan yang berbasis di AS.
Dalam laporan tersebut, Lion Air mendapatkan skor 0,72/10, tak lain karena pelayanannya.
Dalam laporan Bounce, Lion Air tercatat kedatangan tepat waktunya hanya 42,27%. Kemudian, tingkat pembatalan Lion Air juga tinggi yakni mencapai 34,43%, yang artinya seperti penerbangan Lion Air dibatalkan selama satu tahun terakhir.
Dalam laporan tersebut juga menyatakan bahwa Lion Air hanya memperoleh skor 1/5 untuk makanan dan hiburan di dalam pesawat. Sementara, untuk kenyamanan kursi serta layanan stafnya, Lion Air mendapatkan skor 2/5.
Maskapai lainnya yang berasal dari Indonesia masuk dalam daftar 10 terburuk di dunia adalah Wing Air. Wings Air hanya mendapatkan skor 1.11/10. Tingkat kedatangan tepat waktu Wings Air hanya 49,78%, sedangkan tingkat pembatalan mencapai 20,63%.
Adapun dalam hal pelayanan makan, hiburan, kenyamanan kursi serta layanan staff, Wings Air mendapatkan rapor yang sama dengan maskapai Lion Air.
Berikut daftar 10 maskapai dengan layanan terburuk di dunia 2022:
1. Lion Air (0,72)
2. Wings Air (1,11)
3. Flydubai (1,1)
4. AirAsia India (1,34)
5. Shenxhen Airlines (1,54)
6. VivaAerobus (1,56)
7. Wizz Air (1,79)
8. Ryanair (2,06)
9. AirAsia (2,06)
10. Volaris (2,15)
Editor : Dian Burhani