get app
inews
Aa Read Next : Kisah Cinta Pierre Tendean Ajudan Setia Jenderal Nasution Kandas Akibat Kekejaman G30S PKI

Gara-Gara Hewan Ini, Jenderal Nasution Selamat Dari Keganasan PKI

Jum'at, 30 September 2022 | 18:06 WIB
header img
Monumen Lobang Buaya, disinilah 7 para pahlawan dibunuh dan dimasukan kedalam lobang sempit oleh PKI (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNewsbadung.id - Jenderal AH Nasution salah satu Jenderal yang selamat dari keganasan PKI yang dilancarkan saat 30 September yang kemudian dikenal masyarakat Indonesia sebagai G30S PKI. Nasution masuk dalam daftar petinggi militer yang harus dibunuh. Namun, karena pertolongan Tuhan, Nasution selamat dari pembunuhan selamat gara-gara nyamuk

Menurut cerita, saat malam nahas itu, di tanggal 1 Oktober 1965, sekitar pukul 04.00 WIB beberapa anggota Cakrabirawa memaksa masuk ke rumah Jenderal AH Nasution. Mereka juga melucuti senjata milik penjaga di kediaman AH Nasution.

Kebetulan disaat kejadian, Jenderal Nasution dan istrinya dalam keadaan terbangun. Mereka terbangun bukan karena mengetahui kedatangan anggota Cakrabirawa, namun karena sibuk mencari nyamuk.

Dalam buku 'Pierre Tendean' karya Masykuri, diseburkan jika Jenderal Nasution dan istri justru tidak mendengar keributan bahkan suara letusan-letusan di luar rumah mereka. Justru mereka berdua tersadar dan baru mengetahui saat mendengar pintu dibuka secara paksa.

Disaat itulah ibu Nasution langsung mengintip dari pintu dan melihat anggota membawa senjata. Kemudian langsung memberitahu Jenderal Nasution, ada perasaan dihatinya jika orang-orang tersebut mau menculik suaminya.

Editor : Dian Burhani

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut