get app
inews
Aa Read Next : Berapa Nilai Mahar Rasulullah SAW ke Aisyah Sekarang?

Marhaban Ya Syahru Rabiul Awal, Selamat Datang di Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Rabu, 28 September 2022 | 06:18 WIB
header img
Selamat Datang Rabiul Awal 2022, Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW (Foto: ilustrasi/Okezone)

BADUNG, iNewsbadung.id - Selamat datang bulan Rabiul Awal. Marhaban Ya Syahru Rabiul Awal. Ya, tepat pada hari Selasa 27 September 2022 kemaren, atau 1 Rabiul Awal 1444 Hijriyah, kita telah memasuki bulan Rabiul Awal, bulan kelahiran Nabi Muhammad shollallohu 'alaihi wasallam 

Rabiul Awal (ربیع الأول) dianggap istimewa karena di bulan ini sosok manusia agung pembawa risalah dilahirkan untuk semesta alam. Para ulama memaknai kelahiran Al-Musthofa Sayyidina Muhammad (tanggal 12 Rabiul Awal) sebagai awal diturunkannya berkah dan limpahan rahmat Allah untuk alam semesta. 

Tak heran jika muslim di Indonesia menjadikan bulan ini sebagai bulan kegembiraan. Berbagai hajatan digelar untuk menghidupkan Rabiul Awal, bulan ketiga dalam kalender Hijriyah. Di antaranya berziarah ke makam Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam di Masjid Nabawi Madinah. 

Selain itu menggelar kajian Sirah Nabawi, pembacaan Kitab Maulid seperti Al-Barzanji, Simtud-Duror, ad-Diba', adh-Dhiyaullami, dan lainnya. Semua kegiatan ini dikemas dalam acara Maulid Nabi.

Peristiwa di Bulan Rabiul Awal Disebutkan dalam riwayat Imam Ath-Thabari, Al-Baihaqi, ada beberapa peristiwa bersejarah ketika Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam dilahirkan di bulan Rabiul Awal. Di antaranya: 

1. Runtuhnya 14 balkon istana kekaisaran. 
2. Padamnya api yang sekian lama disembah kaum Majusi. 
3. Hancurnya gereja-gereja di sekitar Danau Saawah setelah airnya menyusut. 

Editor : Dian Burhani

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut