get app
inews
Aa Read Next : The Stones Hotel Anniversary ke-11, Atmosfir Sejarah yang Menarik dan Pencapaian Selama 11 Tahun

Keren, 10 Mata Air Panas Alami Terbaik Dunia, Salah Satunya di Indonesia Lho

Sabtu, 10 September 2022 | 18:41 WIB
header img
10 Sumber mata air panas di dunia salah satunya di Bali (Foto: travelspromo)

BADUNG, iNews.id -Sumber air panas menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan tidak hanya di Indonesia saja. Terdapat sejumlah sumber mata air panas alami terbaik di dunia yang memiliki keindahan tersendiri.

Dilansir dari beberapa sumber, inilah sumber mata air panas alami terbaik di berbagai belahan dunia.


1. Pamukkale, Turki

Ada banyak mata air panas yang menghiasi perbukitan Taman Alam Pamukkale, sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO yang terletak di barat daya Turki. Di tempat ini, pengunjung akan disajikan panorama air biru kehijauan yang mencolok dengan teras batu kapur putih bersih. 

Air di Pamukkale memiliki suhu kurang lebih 97 derajat Fahrenheit. Tak heran, jika perairan teapeutik yang disuguhkan di tempat ini dipercaya dapat membantu segala macam penyakit mulai dari penyakit kardiovaskular hingga masalah tekanan darah. Berendam dan berfoto menjadi aktivitas utama yang kerap dilakukan para turis ketika berkunjung ke tempat ini. 

2. Blue Lagoon, Islandia

Sudah bukan rahasia lagi bahwa mata air panas alami Blue Lagoon menawarkan objek wisata alam yang nyaman sekaligus menakjubkan. Objek wisata alam ini menjadi destinasi wajib yang harus dikunjungi saat Anda berada di Islandia. 

Popularitas Blue Lagoon melejit terutama di kalangan traveller sehingga tak heran banyak turis berdatangan ke tempat ini. 

Anda juga bisa menikmati suasana yang lebih tenang dengan berendam di Myvatn Nature Baths. Airnya memang sedikit lebih dingin. Meski demikian, pemandangannya tak kalah menakjubkan. 

3. Arenal, Kosta Rika

Taman Nasional Arenal di Kosta Rika juga menawarkan mata air panas alami terbaik di dunia. Berada di kawasan gunung berapi Arenal, mata air panas alami  ini terletak di dalam hutan hujan Kosta Rika. Jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan disuguhi 11 kolam dengan suhu dan pemandangan yang bervariasi. 

4. Grand Prismatic Spring, Amerika Serikat

Grand Prismatic Spring merupakan salah satu dari banyak mata air panas yang ada di Taman Nasional Yellowstone Wyoming, Amerika Serikat. Mata air panas alami ini dijuluki mata air pelangi karena kaya akan mineral dan memiliki warna yang indah. Warna tersebut berasal dari bakteri di sekitar tepi air sehingga menimbulkan warna danau menjadi hijau ke merah. Meski pemandangannya demikian indah, namun objek wisata yang satu ini tidak bisa direnangi karena terlalu berbahaya.

5. Takaragawa Onsen, Jepang

Takaragawa Onsen Jepang merupakan salah satu sumber mata air panas alami terbaik di dunia. Mata air panas ini memiliki pemandangan pegunungan Jepang yang sangat indah. Selain pemandangannya yang indah, mata air Takaragawa Onsen juga dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan seperti penyembuhan untuk gangguan saraf, sirkulasi darah, nyeri otot dan persendian, iritasi kulit, dan lain sebagainya. 

Hal inilah yang membuat mata air panas ini sangat populer saat dan banyak dikunjungi saat musim semi. 

6. Taman Nasional Huanglong, China

Taman Nasional Huanglong yang berada di China memiliki mata air panas alami yang sayang untuk dilewatkan. Taman Nasional Huanglong menjadi salah satu objek wisata yang berpadu dengan bangunan China kuno dan hutan di pinggirnya. 

Tak heran jika objek wisata yang satu ini menawarkan suguhan panorama alam yang menakjubkan. 

7. Cascate del Mulino, Italia

Cascate del Mulino merupakan air terjun yang bersumber dari mata air panas terkenal di Tuscany, Italia. Tak hanya mata air panas di Saturnia, Cascate del Mulino juga menyuguhkan mata air panas yang menenangkan dengan pemandangan yang luar biasa.

Anda bisa menikmati air biru muda di Cascate del Mulino dengan gratis karena pintu masuknya dibuka selama 24 jam setiap hari tanpa dipungut biaya apapun. Di sini, aliran air panas merembes melalui kolam batu kapur alami yang membuat air di tempat ini memiliki suhu tetap sekitar 99 derajat Fahrenheit. 

8. Peninsula, Australia

Peninsula merupakan salah satu objek wisata mata air panas alami yang berlokasi tak jauh dari Melbourne, Australia. Meski telah mengalami renovasi, namun unsur alami mata air panas ini tetap bertahan hingga membuat pengunjung bisa berendam dengan nyaman. Tak hanya itu, tempat ini juga memiliki pemandangan alam berupa savana yang menakjubkan di sekelilingnya. 

9. Deception Island, Antartika

Dikenal sebagai wilayah terdingin di bumi, siapa sangka bahwa Antartika masih memiliki gunung berapi yang aktif. Gunung tersebut pun membuat tempat paling dingin di dunia ini bisa memiliki mata air panas alami. Tempat ini sangat layak untuk dikunjungi. 

10. Mata Air Panas Banjar, Bali Indonesia

Indonesia pun memiliki mata air panas alami terbaik yakni mata air panas Banjar di Bali. Meski suhu di Bali sudah cukup panas, namun masih banyak juga orang yang memburu tempat pemandian mata air panas alami ini. 

Mata air panas Banjar dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti untuk pengobatan penyakit kulit hingga reumatik atau penyakit otot dan sendi. 

Editor : Dian Burhani

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut