get app
inews
Aa Read Next : Perayaan Anniversary ke-11 The Stones Hotel, Menggabungkan Seni dan Budaya Bali serta Indonesia

Inilah Daftar Maskapai Penerbangan Paling Tepat Waktu di Indonesia

Kamis, 08 September 2022 | 21:21 WIB
header img
Air Asia salah satu maskapai tepat waktu di Indonesia (Foto: Tangkapan Layar Instagram @airasiasuperapp)

BADUNG, iNews.id– Bagi pengguna pesawat terbang pastinya berharap agar bisa tiba di tujuan tepat waktu sesuai jadwal.  Oleh karena itu menggunakan pesawat terbang menjadi pilihan utama untuk mempersingkat jarak tempuh.

Dibukanya kembali sejumlah jalur penerbangan pasca pendemi Covid 19 membuat lalu lintas penerbangan baik dalam negeri maupun luar negeri sudah kembali memadat. 

Berdasarkan data dari Official Airline Guide (OAG) perusahaan pemantau penerbangan asal Inggris, imi sejumlah maskapai di Indonesia dinilai memiliki ketepatan waktu penerbangan (on time performance/ OTP) terbaiknya dan menjadi maskapai penerbangan paling tepat waktu.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah maskapai penerbangan paling tepat waktu di Indonesia yang bisa Anda jadikan referensi dalam memilih transportasi udara untuk perjalanan Anda.

1. Garuda Indonesia


Garuda Indonesia (Foto:Tangkapan layar Instagram@Garuda Indonesia)

Garuda Indonesia adalah perusahaan penerbangan milik negara (BUMN) yang telah beroperasi sejak lama yakni sejak 1949. 
Meski sempat mengalami beberapa persoalan keuangan, namun maskapai pelat merah ini memiliki kualitas pelayanan yang tidak ada duanya, termasuk dalam hal ketepatan waktu. 

Garuda Indonesia tercatat menjadi salah satu maskapai penerbangan paling tepat waktu di Indonesia. 

Hingga Mei 2022, maskapai pelat merah itu telah melakukan penerbangan sebanyak 3.092 dan berhasil meraih persentase ketepatan waktu atau OTP sebesar 96,1%.

Sementara itu, persentase pembatalan dari maskapai ini hanya sebesar 0,30%. Garuda Indonesia juga berhasil menduduki peringkat ke-5 untuk skala global dan peringkat ke-3 untuk cakupan wilayah Asia. 

2. Sriwijaya Air

Kualitas layanan Sriwijaya Air juga tak perlu diragukan. Maskapai penerbangan yang telah berdiri sejak 2003 ini pada mulanya merintis perjalanan hanya dengan 1 armada pesawat dengan tipe Boeing 737-200 dan melayani rute domestik di Indonesia. 

Perkembangan pesat perusahaan ini juga semakin membuat layanan Sriwijaya Air semakin meningkat. 

Hal ini terbukti dengan persentase ketepatan waktu yang berhasil diraih oleh maskapai yang satu ini. Berdasarkan data OAG, Sriwijaya Air berhasil meraih persentase ketepatan waktu sebesar 62,60 persen dengan pembatalan penerbangan 0 persen. 

3. Indonesia AirAsia


Air Asia (Foto: Tangkapan Layar Instagram @airasiasuperapp)

Indonesia AirAsia juga menjadi salah satu maskapai penerbangan yang paling tepat waktu di Indonesia. Maskapai ini berhasil mencatatkan on time performance atau OTP mencapai 56,2% dengan persentase pembatalan penerbangan 0% atau tidak ada pembatalan penerbangan per Mei 2022. 

Dilihat dari pemeringkatan OAG, Indonesia AirAsia menempati posisi urutan ke-117 secara global sebagai maskapai penerbangan paling tepat waktu. 

4. Citilink


Citilink (Foto: Ilustrasi Ist)

Di posisi keempat maskapai paling tepat waktu di Indonesia diraih oleh Citilink. Maskapai yang telah berdiri sejak 2009 lalu ini fokus pada layanan penerbangan LLC. Citilink berhasil meraih persentase on time performance berdasarkan catatan OAG sebesar 51,6% dengan tingkat pembatalan 0% atau tidak ada pembatalan terhitung Mei 2022. 

Editor : Dian Burhani

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut