get app
inews
Aa Read Next : Bermalam di Pantai Bali Tanpa Repot, 5 Hotel Romantis dengan Pemandangan Langsung Menghadap ke Laut

Ternyata Ini Alasan Kenapa di Hotel Tidak Ada Guling dan Jam Dinding

Jum'at, 12 Agustus 2022 | 14:18 WIB
header img
Ini alasan mengapa kamar hotel tak ada guling dan jam dinding (Foto: iNews.id)

BADUNG, iNews.id - Mungkin Anda penasaran kenapa saat menginap di hotel tidak ditemukan guling dan juga jam dinding. Setiap masuk ke kamar hotel hanya tersedia bantal saja.

Diketahui tradisi tidur menggunakan guling merupakan hasil kebudayaan Indisch atau Hindia Belanda pada sekitar abad 18 hingga 19. Hingga sekarang tradisi tidur menggunakan guling menjadi budaya masyarakat Indonesia. Inilah ulasan kenapa keberadaan guling tidak pernah kita temukan di kamar hotel : 

Tamu yang menginap di hotel tak hanya berasal dari Indonesia, tetapi juga dari mancanegara. Hotel pun tidak menghadirkan guling untuk menyesuaikan kebiasaan berbagai tamu yang datang.

Terlebih, hotel-hotel di Indonesia banyak yang mengusung konsep gaya hidup ala barat. Maka dari itu, pelayanannya pun juga mengacu pada western lifestyle. Berbeda dengan bantal yang hanya digunakan untuk kepala, guling bisa digunakan secara sembarangan. Dengan begitu, kebersihan tidak bisa terjamin jika terdapat guling di kamar hotel.

Padahal, hotel sangat menjaga kehigienisan barang-barang yang ada di kamar untuk pengunjung. Namun jika tamu menginginkan guling, staf hotel biasanya akan menyediakannya setelah diminta. Adanya guling justru membuat ranjang terkesan lebih sempit.

Bayangkan jika ranjang di hotel tak hanya memiliki bantal, tetapi juga guling. Maka dipastikan ranjang akan menjadi penuh. Imbasnya, space untuk meletakkan badan di atas kasur akan berkurang. Terlebih jika membawa pasangan atau keluarga, maka beristirahat di kamar hotel akan terasa tidak nyaman.

Pihak hotel sudah menyediakan bolster. Bolster sendiri merupakan bantal yang dibuat dengan ukuran yang lebih lebar dan panjang untuk diletakkan di punggung bagian bawah. Fungsi lain dari bantal jenis ini adalah untuk dipeluk saat tidur.

Biasanya, hotel-hotel di Indonesia sudah menyediakan bolster. Maka dari itu, tamu dianggap sudah tidak membutuhkan guling. Sementara itu tidak adanya jam dinding di kamar hotel tujuannya agar tidak menimbulkan suara yang mengganggu istirahat tamu hotel. 

Seperti yang telah diketahui, jam dinding akan menghasilkan bunyi detak jarum yang bagi sebagian orang terdengar sangat mengganggu. Hal ini tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi tamu yang ingin beristirahat tanpa gangguan apapun.

Editor : Bramantyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut