get app
inews
Aa Read Next : Perempuan Ini Luar Biasa Pisahkan Driver Ojol Baku Hantam dengan Customer yang Tak Mau Bayar

4 Oleh-Oleh Khas Bali Unik Yang Sayang Dilewatkan

Senin, 08 Agustus 2022 | 15:09 WIB
header img
4 oleh-oleh bali yang sangat saya anda lewatkan bila berkunjung ke pulau Dewata (Foto: iNews.id)


BADUNG, iNews.id - Bali selain dikenal dengan keindahan alamnya, juga dikenal memiliki beragam kerajinan yang kratif dan artistik. Desain yang unik dan khas bisa dijadikan sebagai souvenir 

Dilansir dari Indonesia.travel, inilah 5 lokasi untuk menemukan karya seni dan kerajinan unik langsung dari tempat produksinya.

1. Master Ukiran dan Lukisan

Di Bali setiap desa berfokus pada satu fitur artistik khusus. Desa tempat para ahli ukir kayu Bali tinggal dan memiliki sanggar, misalnya Mas. Sedangkan Ubud mengkhususkan diri pada seni lukis. 

Di Bali kesenian tersebut diturunkan kepada generasi penerus pada usia yang sangat muda, yang menjadikan kelestariannya sepanjang zaman. Terinspirasi oleh budaya Jawa dan Hindu kuno, karya seni Bali merepresentasikan cerita dalam setiap ciptaannya. 

Ukiran Bali sebagian besar terbuat dari kayu dan batu. Ukiran tradisional biasanya melambangkan dewa suci, namun selama bertahun-tahun, hari ini Anda juga dapat menemukan ukiran kuda, penari, wajah ekspresif, dan banyak lagi. Ukiran lainnya digunakan untuk pertunjukan, seperti Barong atau tari topeng.

Begitu pula dalam seni lukis, jika sebelumnya lukisan digunakan untuk merepresentasikan cerita religi atau legenda, kini Anda akan menemukan karya seni modern di banyak galeri di Ubud.

Tetapi bagi kita yang mencari barang bagus tapi terjangkau untuk rumah atau sebagai hadiah untuk orang terkasih, ada banyak pasar seni di sekitar Bali di mana Anda memiliki banyak pilihan seni dan kerajinan khas Bali.

Di sini Anda juga dapat menemukan lukisan di ubin keramik untuk digantung di dinding Anda, atau ukiran bunga berwarna-warni untuk dekorasi rumah, di kamar mandi atau sebagai anting-anting. Anda juga dapat memiliki lukisan di T-shirt, dan banyak lagi. 

Pasar Seni Kumbasari
Alamat : Jl. Gajah Mada, Pemecutan, Kota Denpasar.

2. Perhiasan Perak

Desa Celuk adalah pusat Emas dan Perak di Bali. Berbeda dengan perak buatan Yogyakarta yang didominasi dengan desain hitam yang terukir pada kepingan perak putih, kreasi perak Bali lebih rumit dan dekoratif di atas putih dengan sedikit penggunaan perak hitam yang dibakar. 

Masyarakat Bali sangat kreatif dan inovatif, di sini Anda juga dapat menemukan desain modern untuk kalung, cincin atau gelang, yang meskipun modern, masih diilhami oleh kesenian Bali tersebut. Bali Silver berada di urutan teratas dalam daftar penggemar.

Beberapa toko di Bali mungkin juga menawarkan untuk membuatkan karya yang unik untuk Anda dengan menggunakan desain yang terinspirasi oleh budaya Indonesia. Dari barang-barang tradisional, antik hingga modern, Bali memiliki berbagai perhiasan perak yang layak untuk momen waktu Anda.

Yulia Silver
Alamat : Jl. Bakung Sari No.49, Kuta, Kabupaten Badung

3. Tekstil Tenunan Tangan Bali

Sebagian besar dari kita telah mendengar tentang Sarung Bali yang terkenal, bahan ringan yang dikenakan oleh sebagian besar wisatawan untuk pantai. Tapi Bali terkenal dengan keragaman tekstilnya. 

Mulai dari sarung pantai, desain Batik Bali, hingga tekstil terlangka yang ditawarkan Bali.

Kain tenun khas Bali disebut "ndek". Dan yang paling berharga dan karena itu, juga yang paling mahal adalah kain tenun ikat ganda dari desa Tenganan, yang ditenun oleh wanita dan membutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk menyelesaikannya, karena ketelitian dan kerumitan yang dibutuhkan dalam pembuatannya.

Bagi mereka yang tertarik untuk melihat bagaimana tekstil Bali yang paling langka dibuat, ada baiknya mengunjungi desa Tenganan. 

Di bawah ini adalah alamat pasar tekstil di Bali yang dikenal menjual berbagai bahan berbeda di Denpasar.

Supplier Tekstil Kasmaji 
Alamat : Jl. Gatot Subroto Barat No. 347, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80118

4. Produk Spa Bali

Anda mungkin mengenal beragam minyak aromaterapi. Minyak esensial lavender menjadi minyak penenang dan kamboja digunakan untuk menghilangkan sakit kepala serta radang. 

Karena Bali terkenal dengan ketenangannya, tidak mengherankan jika Produk Spa Bali masuk dalam daftar. Dijual di seluruh dunia, merek seperti Bali Spa Nature dan Bali Alus dikenal karena masker dan sabun tubuh mereka. 

Nikmati aroma manis Bali di mana saja di dunia. Coba juga minyak yang menenangkan untuk pijat.

Bali Alus 
Alamat : Jl. Wibisana Bar. No.100, Pemecutan Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80111

Editor : Bramantyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut