get app
inews
Aa Read Next : SBI 2024 Digelar, Tampil Berbeda dengan Konsep Baru

7 Hewan Penghuni Bumi Jauh sebelum Dinosaurus Muncul, Ada yang Seperti Alien

Rabu, 03 Agustus 2022 | 10:44 WIB
header img
Hewan yang Hidup Jauh sebelum Dinosaurus Muncul-Dickinsonia (Foto:Wikimedia Commons)

BADUNG, iNews.id - Tujuh hewan ini ada jauh sebelum masa dinosaurus. Meski keberadaannya jauh sebelum keberadaan hewan raksaksa ini, namun keberadaan hewan ini belum banyak yang mengetahui.

Sejak penemuan fosil Dinosaurus, dunia memang dibuat terpukau dengan spesies raksasa temuan paleontologi tersebut. Dinosaurus adalah kelompok hewan purba berukuran besar yang pernah menguasai bumi sekitar 230 juta tahun lalu.

Namun sebelum periode Trias tersebut, ternyata telah ada beberapa spesies hewan purba yang menghuni bumi. Hewan-hewan tersebut pastinya memiliki karakteristik beragam dan habitat yang bervariasi. 

Bahkan ada yang tergolong sebagai hewan terbesar dalam kategorinya. Hewan-hewan tersebut pastinya juga memiliki fisik unik yang tidak bisa dijumpai lagi di zaman sekarang. Dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, inilah daftarnya.

7 Hewan yang Hidup Jauh sebelum Dinosaurus Muncul: 

1. Dickinsonia 

Hewan yang hidup jauh sebelum dinosaurus adalah Dickinsonia. 

Jenis ini diduga hidup selama periode sebelum Kambrium atau masa Ediacaran yakni sekitar 600 juta tahun yang lalu. Fosil prakambrium ini dianggap mirip dengan sejenis ubur-ubur yang memiliki panjar dari beberapa milimeter hingga satu meter.

Kendari demikian, banyak ahli yang masih memperdebatkan makhluk tersebut. Sebab, sebagian beranggapan bahwa makhluk tersebut bukan hewan melainkan tumbuhan.

2. Pneumodesmus Newmani

Secara tampilan, hewan purba yang satu ini mirip dengan kaki seribu yang kita kenal sekarang. Namun siapa sangka, Pneumodesmus Newmani hidup sekitar 428 juta tahun yang lalu atau menjelang akhir periode silur. Fosil makhluk ini ditemukan di Skotlandia pada tahun 2004 silam. 

3. Haikouichthys Haikouichthys 

termasuk ikan purba yang telah hidup jauh sebelum zaman dinosaurus. Ikan purba diperkirakan hidup di laut pada era Ediacaran atau sekitar 535 juta tahun yang lalu. Tidak seperti hewan lain yang berasal dari era itu, haikouichthys tidak memiliki kepala dan ekor yang berbeda. Ikan purba ini juga tidak memiliki rahang. 

Editor : Bramantyo

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut