get app
inews
Aa Read Next : Pusat Studio Musik Asia ISI Surakarta Jalin Kerjasama dengan Asian Music Research Institute SNU

Gandeng UNHI Denpasar, ISI Surakarta Siap Lahirkan Doktor Berkualitas

Sabtu, 21 September 2024 | 19:57 WIB
header img
ISI Surakarta menandatangani kerjasama dengan UNHI Denpasar. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

DENPASAR, iNewsbadung.id - Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta gandeng 
Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar, gelar Gladi Nalar Pascasarjana. 

Gladi Nalar Pascasarjana yang dilakukan di Kampus UNHI Denpasar, Kamis (19/9/2024) sampai Jumat (20/9/2024) ini dikatakan Direktur Pascasarjana ISI Solo, Prof. Sunarmi, dapat memperkaya perspektif calon Doktor di bidang kajian budaya. 

Prof. Sunarmi berharap, melalui Gladi Nalar Pascasarjana, para mahasiswa Doktoral ISI Surakarta tidak hanya memperdalam kajian seni, tetapi juga mendapatkan wawasan komprehensif terkait kajian budaya.

"Kegiatan ini diharapkan mampu mencetak lulusan doktor yang mempunyai perspektif yang kaya, siap berkontribusi secara ilmiah dan memperkuat bidang kajian budaya," urai Sunarmi. 

Ditambahkan Sunarmi, kegiatan ini merupakan tonggak penting dalam mempererat hubungan kerjasama antara ISI Surakarta dan UNHI Denpasar. 

Di samping itu juga memperkuat pengembangan kajian budaya di kedua institusi, serta melahirkan doktor berkualitas.

Acara ini juga menghadirkan dua guru besar UNHI Denpasar, yakni Prof. Dr. Ida Bagus Yudha Triguna dan Prof. Dr. I Wayan Suka Yasa, yang memberikan kontribusi dalam memperluas wawasan peserta tentang kajian budaya holistik dan mendalam.

Selain diskusi akademis, juga dilakukan  penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara ISI Surakarta dengan UNHI Denpasar. 

Kesepakatan ini membuka peluang kolaborasi lebih luas di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, termasuk penelitian, pengabdian masyarakat dan kegiatan akademik lain. 

Usai penandatanganan, rombongan ISI Surakarta menyempatkan mengunjungi  Desa Tenganan, Kabupaten Karangasem, sebuah desa adat di Bali yang dikenal konsisten menjaga aturan tradisional dan kekayaan budaya. 

Di Desa Tenganan ini rombongan ISI Surakarta yang terdiri dari 21 mahasiswa doktoral, mendapatkan pengalaman langsung dalam mengamati, serta mengkaji potensi tantangan desa adat ini sebagai bentuk pembelajaran lapangan.

Semoga tulisan tentang Gandeng UNHI Denpasar, ISI Surakarta Siap Lahirkan Doktor Berkualitas, dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut