get app
inews
Aa Read Next : Rayakan Hari Anak Nasional, The Alana Hotel Solo Hadirkan Keseruan Live Cooking

The Alana Solo Ajak Karyawan Siap Siaga Bencana

Jum'at, 06 September 2024 | 21:09 WIB
header img
Karyawan The Alana Solo sedang melakukan simulasi kebakaran. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

KARANGANYAR, iNewsbadung.id - 
The Alana Hotel & Convention Center Solo atau The Alana Solo ajak karyawan siap siaga bencana, seperti kebakaran. 

Menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Karanganyar dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Karanganyar, The Alana Solo siap menghadapi ancaman bencana alam yang bisa terjadi kapan saja, dengan pelatihan komprehensif. 

Menurut Moses Rahadian, Public Relations The Alana Hotel Solo, pelatihan bagi seluruh karyawan dan trainee yang digelar belum lama ini dilakukan untuk meningkatkan kesiapan seluruh staf dalam menghadapi situasi darurat. 

Tidak hanya itu, pelatihan ini juga dilakukan untuk memastikan keselamatan tamu, menjaga integritas gedung dan fasilitas hotel.

Selama dua hari, para karyawan The Alana Solo mendapatkan pembekalan pengetahuan mendalam tentang anatomi tubuh manusia dan teknik pertolongan pertama untuk korban bencana. 

Ditambahkan Moses, tidak hanya teori, para peserta pelatihan juga melakukan praktik langsung, dengan memastikan setiap langkah pertolongan dapat dilakukan secara benar dan cepat pada situasi nyata.

Pengenalan materi terkait penggunaan alat pemadam kebakaran, jenis-jenis
alat pemadan kebakaran dan strategi penanganan bencana yang disesuaikan dengan klasifikasi penyebabnya, juga diberikan Tim Damkar Kabupaten Karanganyar

Pelatihan ini dirancang agar setiap karyawan memahami cara  mengidentifikasi sumber bencana, sehingga dapat mengambil langkah tepat untuk menangani, mulai dari kebakaran sampai ancaman lain. 

Untuk memudahkan pemahaman dalam penanganan bencana kebakaran, para peaerta juga menjalani simulasi kebakaran di area hotel.

Sirene darurat dibunyikan, di mana staf diberikan tugas untuk mengevakuasi korban dari lantai satu ke titik kumpul aman di depan hotel. 

Sementara tamu yang menginap,  sebelumnya sudah diberikan peringatan agar menghindari kepanikan saat simulasi berlangsung.

Pelatihan memadamkan api menggunakan alat pemadam kebakaran ini dilakukan setiap karyawan di depan hotel, memberikan kesempatan semua staf untuk mengasah ketrampilan dalam menghadapi situasi darurat.

Pelatihan bersama PMI dan Pemadam Kebakaran Karanganyar ini secara rutin digelar dengan praktek langsung dan simulasi, untuk memastikan seluruh karyawan siap menghadapi bencana kapan pun. 

"Kami ingin memberikan rasa aman dan nyaman bagi setiap tamu yang menginap di The Alana Solo, karena kesiapan kami adalah jaminan keamanan mereka," urai Moses Rahadian. 

Pelatihan ini juga diharapkan Moses Rahadian untuk menciptakan lingkungan lebih aman dan tanggap bencana, memperkuat komitmen hotel dalam memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh tamu.

Semoga tulisan tentang The Alana Solo Ajak Karyawan Siap Siaga Bencana, dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut