get app
inews
Aa Read Next : FISIP UNISRI Gelar Pelatihan Diskusi Ilmiah, Ini Manfaatnya

UNISRI Gelar PKKMB, Rektor Ajak Mahasiswa Lulus Tepat Waktu

Kamis, 05 September 2024 | 21:54 WIB
header img
Rektor UNISRI saat memakaikan jaket almamater secara simbolis pada perwakilan mahasiswa, menandai dibukanya PKKMB 2024. Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid

SOLO, iNewsbadung.id - Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta gelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi  Mahasiswa Baru (PKKMB), Prof. Dr. Drs. Sutoyo, M.Pd., Rektor UNISRI, ajak mahasiswa lulus tepat waktu, kurang lebih tiga tahun enam bulan atau 3,6 tahun. 

Selama tiga hari, mulai Kamis (5/9/2024), mahasiswa baru diungkapkan Rektor Sutoyo akan menerima materi-materi yang akan disiapkan mahasiswa supaya lulus tepat waktu. 

Menurut Rektor Sutoyo, lulus tepat waktu itu sangat penting, di mana setiap tahun lulusan SMA ada sekitar 3.700.000, yang bisa kuliah hanya 1,8 juta sehingga ada 1,9 juta yang tidak bisa kuliah. 

Rektor UNISRI juga mengajak mahasiswa baru untuk dapat memanfaatkan waktu kuliah di UNISRI dengan baik, serta menjiwai satria muda Slamet Riyadi. 

Disebutkan Rektor Sutoyo, meskipun konsep PKKMB selalu berbeda setiap tahun, namun nilai-nilai Slamet Riyadi harus betul-betul dipahami dan disaksikan warga kampus termasuk mahasiswa baru. 

Sesuai tema PKKMB yang ditetapkan UNISRI yakni mewarisi keberanian mewarisi masa depan, kampus yang terletak di Jalan Sumpah Pemuda No.18, Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah ini mengangkat tokoh wayang Gatotkaca sebagai maskot PKKMB 2024.

"Gatotkaca itu mempunyai keberanian, terbang tinggi, meroket dan tidak ambles bumi," ujar Rektor Sutoyo. 

PKKMB dijelaskan Sutoyo sebagai pintu masuk bagi para mahasiswa yang ingin dibekali bagaimana memasuki dunia kampus yang sebenarnya. 

Pembukaan PKKMB ini juga diakui Rektor Sutoyo sangat luar biasa, di mana kegiatan ini pertama kalinya mengajak melakukan yel-yel yang berbeda setiap fakultas. 

Pembukaan PKKMB ini juga diakui Sutoyo, pertama kalinya disambut pimpinan pejabat struktural yakni Pengawas Pengurus Yayasan, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Slamet Riyadi Surakarta, Bendahara Pengurus Yayasan, Wakil Rektor, Dekan dan Ketua Program Studi. 

"Mungkin baru ini kegiatan PKKMB di dunia yang nyambut luar biasa," kelakar Sutoyo. 

Kehadiran seluruh pimpinan pejabat struktural ini dikatakan Rektor UNISRI sebagai bukti komitmen dalam rangka melayani mahasiswa, sekaligus ingin mengantarkan mahasiswa lulus tepat waktu, tiga tahun enam bulan atau 3,6 tahun. 

Sebagai wujud komitmen tanggungjawab terhadap masyarakat, UNISRI juga mengundang para ketua RT di lingkungan kampus untuk ikut menyambut kedatangan mahasiswa baru. 

Dikatakan Sutoyo, diundangnya para ketua rt perlu dilakukan antara lingkungan dengan kampus. 

Sementara Drs. Wartoyo, M.Pd.,Ketua Pelaksana PKKMB UNISRI memberikan apresiasi terhadap semua pihak yang sudah terlibat dalam kegiatan PKKMB dan berharap dapat memberikan  berkah dan barokah bagi warga UNISRI. 

Dikatakan Wartoyo, dari luaran mahasiswa baru diharapkan bisa wakili nilai nilai Slamet Riyadi, seperti disiplin,  kejujuran dan tanggungjawab. 

Selain diwarnai dengan pemakaian jaket almater secara simbolis yang juga diikuti total 1.876 mahasiswa baru, pemukulan gong dan pelepasan balon-balon, para mahasiswa juga melihat langsung karya-karya mahasiswa yang tergabung dalam UKM, seperti paduan suara, karawitan, tari, mapala, taekwondo dan lainnya. 

Tidak hanya itu, beberapa ketua RT di lingkungan sekitar juga ikut merasakan kebahagiaan dari UNISRI, seperti penyerahan beras. 

Suasana pembukaan PKKMB juga semakin meriah saat Rektor Sutoyo menyanyikan lagu Jawa berjudul Taman Jurug, di mana para mahasiswa baru pun ikut berjoget. 

Semoga tulisan tentang UNISRI Gelar PKKMB, Rektor Ajak Mahasiswa Lulus Tepat Waktu, dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut