get app
inews
Aa Read Next : Meriahkan HUT Dekranas ke-44, Wastra Nusantara Fashion Hadir Perdana di Kota Surakarta

Festival Payung Indonesia 2024, Padukan Wastra Nusantara dan Payung Tradisi

Rabu, 04 September 2024 | 21:40 WIB
header img
Heru Mataya saat memberikan pemaparan Festival Payung Indonesia pada Jumpa Pers di Taman Balekambang Surakarta, Rabu (4/9/2024). Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid

SOLO, iNewsbadung.id - Festival Payung Indonesia (FESPIN) 2024 akan digelar Jumat (6/9/2024) sampai Minggu (8/9/2024), memadukan Wastra Nusantara dan payung tradisi

Menurut Heru Mataya, Founder Mataya Art and Heritage Solo, sekaligus Founder Festival Payung Indonesia, keberadaan payung sudah dikenal sejak abad ke-8, berdasarkan pada relief Candi Borobudur. 

Disebutkan Heru Mataya, festival bertema Catra Wastra ini, menghidupkan Indonesian Living Heritage, yang merupakan warisan tradisi yang hidup, yang siap diwariskan dari generasi ke generasi sebagai basis ekonomi kreatif, serta aset wisata masyarakat lokal. 

"Perpaduan ini akan menghasilkan 
eksplorasi visual artistik Nusantara dengan spirit kreativitas dan inovasi tiada henti," ujar Heru Mataya saat Jumpa Pers di Amphiteater, Taman Balekambang Surakarta, Rabu (4/9/2024). 

FESPIN XI ini ditambahkan Heru akan menampilkan 87 pentas seni pertunjukkan, meliputi tari, musik dan fashion show dari 34 kota atau kabupaten, seperti Bengkulu, Lampung Tengah, Toraja, Kabupaten Belitung, Banyuasin (Sumatera Selatan) dan lainnya. 

Pasar festival, pameran beragam produk craft dan fashion dijelaskan Heru Mataya akan dihadirkan dalama FESPIN XI, sebagai ragam ekspresi karya dari para kreator, UMKM dan artisan. 

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut