get app
inews
Aa Read Next : Pameran Seni Kontemporer Surakusuma Dibuka, Gusti Bhre Berharap Bisa Berdampak

Praja Mangkunegaran Perpanjang Rute Kirab Malam Satu Sura

Jum'at, 28 Juni 2024 | 20:45 WIB
header img
Gusti Bhre atau KGPAA Mangkunegara X saat memberikan keterangan tentang kirab pusaka malam satu sura, pada media gathering, Jumat (28/6/2024). Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid

KGPAA Mangkunegara X menambahkan, saat kirab pusaka dalem, para peserta kirab melakukan tapa bisu atau berjalan dalam kesunyian, untuk mewujudkan kebebasan batin dari gangguan hawa nafsu, emosi, penuh keberkahan dan mendapatkan keseimbangan batin memasuki tahun baru. 

"Momen pergantian tahun malam satu Sura ini dilaksanakan penuh kesakralan, ketenangan dan penghayatan," tandas KGPAA Mangkunegara X.

KGPAA Mangkoenagoro X juga mengundang masyarakat ikut berpartisipasi, berefleksi menyambut tahun baru, karena rangkaian upacara dan prosesi adat yang dilaksanakan Praja Mangkunegaran tidak dapat terlaksana secara baik tanpa dukungan masyarakat luas. 

Praja Mangkunegaran juga berharap rangkaian upacara dan prosesi adat Tahun Baru Jawa satu Sura Je 1958 dapat berjalan lancar, penuh makna dan dapat menarik perhatian lebih banyak masyarakat, sehingga bisa mengenal dan menghargai warisan budaya Indonesia. 

Di samping itu, kegiatan rutin ini diharapkan bisa menjadi momentum penting dalam memperkuat rasa kebanggaan dan cinta terhadap budaya Nusantara.

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut