get app
inews
Aa Read Next : UTP Surakarta Wisuda 280 Mahasiswa, Rektor Winarti Ajak Lulusan Dinamis dan Kompetitif

Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, UTP Surakarta Gandeng SMK dan LSP PO

Kamis, 13 Juni 2024 | 14:57 WIB
header img
UTP Surakarta lakukan penandatanganan MoU dan MoA dengan SMK Karya Teknika dan LSP PO. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

SOLO, iNewsbadung.id - Tingkatkan kompetensi mahasiswa, Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta gandeng SMK Karya Teknika dan Lembaga Sertifikasi Profesi Pertanian Organik (LSP PO) Jakarta. 

Rektor UTP, Prof. Dr. Winarti, M.Si., merasa bangga dapat bekerjasama dengan dua lembaga yang berbeda bidang tersebut. 

Rektor Winarti menyebutkan, selain dapat meningkatkan kompetensi para civitas akademika UTP, kerjasama ini juga dapat meningkatkan mutu penelitian dan kualitas pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi. 

“Saya ucapkan terima kasih dan selamat datang di UTP, semoga kerjasama ini bisa meningkatkan kompetensi lembaga dan saling memajukan kedua lembaga," terang Winarti. 

Rektor Winarti menambahkan, sebagai lembaga, UTP berkomitmen memberikan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan industri, sekaligus memperkaya kurikulum dan membuka peluang sertifikasi profesional bagi dosen ataupun mahasiswa.

Komitmen kolaborasi UTP dengan dua lembaga ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) yang dilakukan di Kampus 1 UTP belum lama ini.

Dr. Ir. Suswadi, M.Si., Wakil Rektor I sekaligus pemrakarsa acara menyebutkan bahwa kerjasama dengan LSP PO dan SMK Karya Teknika merupakan bentuk kolaborasi dalam mengembangkan Tri Dharma. 

Menurut Suswadi, UTP sudah lama menjalin kerjasama dengan LSP PO, karena itu kerjasama ini diharapkan dapat terus terjalin, terutama untuk para dosen ataupun mahasiswa UTP. 

"Kerjasama ini merupakan bentuk dorongan UTP untuk mahasiswa, agar lebih berkomepeten dan setelah lulus nanti dapat memiliki sertifikat pendamping ijazah," urai Suswadi. 

Kerjasama dengan SMK juga bertujuan untuk mengembangkan Tri Dharma, mengingat di UTP ada program studi (prodi) Teknologi Pemeliharaan Pesawat (TPP) yang berhubungan dengan teknologi pesawat. 

Karena itu, Suswadi berharap dari program studi TPP bisa menindaklanjuti kerjasama tidak hanya  di bidang pengabdian masyarakat, tetapi juga pengajaran dan pelatihan.

Sementara Direktur LSP PO, I Nyoman Oka Tridjaja, Ph.D  juga membenarkan ulasan Suswadi bahwa kerjasama dengan UTP sebenarnya bukan hal baru mengingat LSP PO sudah lama menjadi partner UTP, di mana kerjasama ini harus dilanjutkan. 

“Kami tentunya senang masih dipercaya menjadi partner untuk sertifikasi profesi bagi dosen dan mahasiswa UTP, karena bisa membantu meningkatkan kompetensi dan kualitas, terutama dalam menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi. Apa yang dikatakan Pak Suswadi itu benar, mahasiswa akan mempunyai sertfikat selain ijazah setelah lulus nanti,” terang I Nyoman Oka Tridjaja. 

Senada dengan Direktur LSP PO, Kepala Sekolah SMK Karya Teknika, Sunaryo merasa sangat senang dipilih UTP untuk bekerjasama di bidang pendidikan ataupun pengabdian masyarakat. 

“Jujur saya tidak menyangka dihubungi UTP untuk kerjasama, apalagi implementasinya dengan prodi TPP atau teknologi pesawat, meskipun jurusan kami belum ada yang mengarah ke sana tapi paling tidak ada yang nyambung yakni teknik permesinan," jelas Sunaryo. 

Sunaryo menambahkan, dalam waktu dekat akan mengimplementasikan dalam bentuk pengabdian di mana tim TPP akan memperbaiki satu alat praktikum di SMK. 

Selain penandatanganan MoU dan MoA, juga dilakukan penandatanganan Implementasi Agreement LSP PO dengan empat prodi UTP yakni Agribisnis, Agroteknologi, Manajemen dan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO). 

Begitu juga dengan SMK Karya Teknika, dilakukan penandatanganan Implementasi Agreement dengan prodi Teknologi Pemeliharaan Pesawat (TPP). 

Ke depan, kerjasama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif sehingga tujuan yang dicapai UTP, LSP PO dan SMK Karya Teknika dapat terlaksana. 

Selain kerjasama dengan lembaga-lembaga tersebut, UTP terus konsisten memperluas relasi kerja sama nasional dengan berbagai lembaga dan instansi baik dalam ataupun luar negeri. 

Semoga tulisan tentang Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, UTP Surakarta Gandeng SMK dan LSP PO, ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut