get app
inews
Aa Read Next : Rayakan HUT ke-74, GOW Karanganyar Ajak Kuatkan Public Speaking

Cuat Consulting Bekali ASN Purna Tugas 2025

Kamis, 30 Mei 2024 | 21:37 WIB
header img
Para ASN Kota Surakarta yang akan purna tugas tahun 2025 usai menerima pembekalan dari Cuat Consulting. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

YOGYAKARTA, iNewsbadung.id - Jelang purna tugas yang akan dilaksanakan tahun 2025, para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta mendapat pembekalan di Yogyakarta, Selasa (28/5/2024) dan Rabu (29/5/2024).

Bekerjasama dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Surakarta, Cuat Consulting berikan pembekalan bagi para ASN yang akan purna tugas tahun 2025. 

Pembekalan ini dikatakan Yant Subiyanto, Trainer sekaligus pemilik Cuat Consulting, sebagai salah satu apresiasi kepada ASN yang sudah mengabdi kepada pemerintah. 

Menurut Yant Subiyanto, para ASN mendapatkan pelatihan meliputi kesehatan, kewirausahaan, spiritual dan kunjungan ke lokasi industri, sehingga para ASN memiliki inspirasi terkait banyak hal. 

Realitas saat ini, disebutkan Yant Subiyanto bahwa pada masa usia pensiun, para ASN masih sehat dan sangat mampu untuk berkarya. 

"Hal ini sejalan dengan tingkat kesejahteraan masyarakat yang semakin baik, sehingga kesehatan juga semakin baik," urai Yant Subiyanto. 

Secara psikologi, keadaan ini disebutkan Yant akan terjadi perubahan bagi ASN yang secara rutin bekerja, kemudian purna tugas, sehingga ada waktu kosong. 

Dari sisi kesehatan, kegiatan ini diharapkan mampu mengelola diri secara spiritual, sedangkan dari sisi kewirausahaan, para peserta dapat terinspirasi setelah mengikuti kunjungan ke Joglo Tani di Sleman. 

Di Joglo Tani ini para ASN yang akan purna tugas 2025 semakin tertanam dan bersemangat untuk berwirausaha. 

Lebih lanjut, para peserta akan mendapatkan pendampingan selama tiga bulan, sampai berhasil menjadi pengusaha. 

Sementara Dwi Ariyatno, Kepala BKPSDM Kota Surakarta berpesan agar  para ASN tetap menjaga kesehatan dengan beraktivitas di masa pensiun.

Dwi Ariyatno menambahkan, selama tiga bulan BKPSDM Surakarta memberikan peluang pendampingan bagi ASN yang akan menekuni kewirausahaan secara serius. 

"Biaya pendampingan berasal anggaran Pemerintah Kota Surakarta," kata Dwi Ariyatno. 

Beberapa ASN pada tahun-tahun sebelumnya, dikatakan Dwi Ariyatno banyak yang berhasil membuka kewirausahaan, bahkan membuka lapangan kerja baru dengan melibatkan tetangga atau saudara. 

Program pendampingan kewirausahaan bagi ASN menjelang purna tugas, hingga menjadi wirausaha ini sudah berjalan sejak tahun 2018, bahkan saat pandemi covid-19 pun tetap berjalan dengan skema dan tata cara berbeda.

Semoga tulisan tentang Cuat Consulting bekali ASN purna tugas 2025, dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut