get app
inews
Aa Read Next : FISIP UNISRI Gelar Pelatihan Diskusi Ilmiah, Ini Manfaatnya

Berkat Klorofil Daun Suji, Mahasiswa Fatipa UNISRI Raih Juara I Lomba Inovasi Mahasiswa

Rabu, 08 November 2023 | 20:43 WIB
header img
Berkat klorofil daun suji, mahasiswa Fatipa UNISRI raih juara I lomba inovasi mahasiswa. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

SOLO, iNewsbadung.id - Berkat penambahan klorofil daun suji pada yogurt, mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Pangan (Fatipa) Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta raih Juara I Lomba Inovasi Mahasiswa  tingkat nasional. 

Pada lomba inovasi yang digelar di Universitas Tidar Magelang ini, kelompok mahasiswa Fatipa UNISRI mengajukan karya inovatif berupa yoghurt yang dimodifikasi dengan penambahan klorofil daun suji.

Dipilihnya yogurt, diakui Eko Pramudya, Ketua Tim mahasiswa Fatipa UNISRI karena selama ini yoghurt di pasaran hanya terbuat dari susu yang difermentasi. 

Ditambahkan Eko, dengan penambahan klorofil pada yogurt, akan meningkatkan nilai manfaat dan  memberikan warna alami pada yoghurt. 

Yoghurt bermanfaat bagi kesehatan, yakni menjaga keseimbangan microbiota dalam tubuh, serta memperbaiki pencernaan manusia. 

Menurut Eko, penambahan klorofil dapat memberikan manfaat lebih, yakni kemampuan sebagai antioksidan, termasuk antikanker. 

Dari hasil penelitian Eko dan tim,  yoghurt klorofil mempunyai aktivitas antioksidan lebih tinggi dibandingkan yoghurt di pasaran. 

Sementara Dr. Nanik Suhartatik, S.TP., M.P., Dekan Fatipa UNISRI menjelaskan,  selama ini Fatipa berusaha mencetak mahasiswa kreatif yang dapat menciptakan temuan-temuan baru di bidang pangan, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat. 

Pada lomba inovasi yang beranggotakan Eko Pramudya Ramadhani, Akbar Fitriyanto, Faizal Julianto dan Oktina Nugraheni ini, Fatipa UNISRI berhasil meraih juara satu lomba inovasi kategori pangan, mengalahkan beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. 

Semoga tulisan tentang berkat klorofil daun suji, mahasiswa Fatipa UNISRI raih juara I lomba inovasi mahasiswa ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut