get app
inews
Aa Read Next : FISIP UNISRI Gelar Pelatihan Diskusi Ilmiah, Ini Manfaatnya

Fatipa UNISRI Gandeng Kader Kesehatan Kelurahan Panularan Cegah Stunting

Selasa, 17 Oktober 2023 | 19:47 WIB
header img
Fatipa UNISRI gandeng kader kesehatan Kelurahan Panularan cegah stunting. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

SOLO, iNewsbadung.id - Fakultas Teknologi Industri pangan (Fatipa) Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta gandeng kader kesehatan Kelurahan Panularan, Kecamatan Laweyan cegah stunting dengan membuat makanan protein tinggi.

Pembuatan makanan protein tinggi ini dilakukan Fatipa UNISRI menggunakan alat modern, sehingga mampu menghasilkan produk makanan sehat seperti bakso dan nugget.

Menurut Dr. Merkuria Karyantina, S.P., M.P., Ketua Tim, pembuatan makanan nugget dan sosis berbasis ikan patin ini merupakan rangkaian pengabdian yang dilakukan tim FATIPA UNISRI, serta akan dibagikan pada balita di Kelurahan Panularan.

Kegiatan yang diikuti 27 ibu-ibu meliputi Pokja empat, kader kesehatan dari delapan RW dan ibu balita ini disebutkan Merkuria sebagai upaya membantu penanganan stunting di Kelurahan Panularan.

"Makanan berbasis ikan patin ini diharapkan dapat meningkatkan gizi balita, terutama penderita stunting, apalagi harga ikan patin sangat terjangkau," ujar Merkuria.

Selain mengajarkan pembuatan bakso dan nugget berbasis ikan, ibu-ibu kader ini juga mendapatkan pembelajaran cara menyajikan makanan yang bervariasi, sehingga tidak membosankan balita, seperti gadon ikan patin untuk bayi usia 9-12 bulan dan mash potato yang terbuat dari ikan patin, wortel dan brokoli, untuk usia 6-9 bulan.

Sesuai program pengabdian, Fatipa UNISRI menggelar pendampingan masyarakat untuk membantu menyiapkan makanan protein tinggi, hingga tingkat RW, sehingga kegiatan ini sesuai tujuan program.

Kehadiran Fatipa UNISRI di Rumah Joglo RW 2 Kelurahan Panularan, Kecamatan Laweyan Surakarta belum lama ini tidak hanya mengajarkan pengolahan bahan makanan, tetapi juga memberikan bantuan alat-alat penunjang kinerja kader, seperti kompor, mixer, chopper, dandang, timbangan dan alat masak lain.

Pemberian bantuan alat-alat penunjang ini, disebutkan Yona Ervina, Kepala UPT Humas UNISRI melalui rilis, sebagai pendanaan dari Kementerian Kebudayaan Riset dan Teknologi Tahun 2023 (Kemdikbudristek).

Pengabdian masyarakat ini, disebutkan Vivi Nuranini, S.Pi., M.Sc., Tim Pelaksana, juga diadakan di tiga kelurahan lain di wilayah kerja Puskesmas Penumping, melibatkan mahasiswa Fatipa UNISRI  sebagai tenaga pelaksana.

Sementara Kristina Sriwahyuni, AMd., penanggung jawab Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Puskesmas Penumping mengatakan, kegiatan pemberian makanan ke balita sudah dijalankan kader kesehatan secara periodik.

Semoga tulisan tentang Fatipa UNISRI gandeng kader kesehatan Kelurahan Panularan cegah stunting ini bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

 

 

 

 

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut