get app
inews
Aa Read Next : Wali Kota Denpasar Gandeng OJK Luncurkan TPKAD Percepat Keuangan Daerah Inklusi

Lion Parcel Dukung Pertumbuhan UMKM di SME DigitalFest 2023, Ini Wujudnya

Jum'at, 18 Agustus 2023 | 08:35 WIB
header img
Lion Parcel dukung pertumbuhan UMKM di SME DigitalFest 2023. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

JAKARTA, iNewsbadung.id - Lion Parcel dukung pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di SME DigitalFest 2023, dengan membagikan tips pemanfaatan dan optimalisasi digital dan solusi logistik. 

Chief Marketing Officer Lion Parcel Kenny Kwanto mengatakan, UMKM memiliki potensi pertumbuhan besar seiring penetrasi digital yang semakin meluas. 

Karena itu, tambah Chief Marketing Officer Lion Parcel, penting bagi UMKM untuk melakukan adaptasi sehingga bisa masuk dalam ekosistem digital. 

Menurut Kenny, selain memiliki peluang besar, digitalisasi juga berpotensi menjadi tantangan bagi pelaku usaha termasuk UMKM, karena persaingan bisnis semakin terbuka. 

"UMKM harus memastikan produk yang dikembangkan bisa menjawab kebutuhan masyarakat sehingga mendapat respon positif dari target pasar,” kata Kenny, Sabtu (11/8/2023) dalam konferensi SME DigitalFest 2023 di SMESCO. 

Di era digital ini, sebut Kenny, mampu memberikan kemudahan akses bagi UMKM pada sejumlah platform yang dapat dimanfaatkan untuk riset pengembangan produk dan strategi pemasaran yang tepat. 

Karena era digital memungkinkan keterbukaan informasi, agar UMKM dapat mempelajari karakteristik pasar, serta mampu melakukan komunikasi dua arah dengan konsumen untuk mendapatkan feedback terkait produk

Kenny menambahkan, di era digital, UMKM sering mengalami tantangan dari beberapa sisi seperti sumber daya manusia ataupun budget, sehingga UMKM bisa memulai transformasi digital lebih mudah dalam mempromosikan produk melalui media sosial. 

"Di dalam prosesnya, UMKM terus beradaptasi melakukan optimalisasi platform digital untuk pengembangan bisnis,” tegas Kenny. 

Selain membagikan tips optimalisasi digital, Lion Parcel juga membagikan informasi solusi logistik bagi UMKM dalam pengembangan bisnis, serta memperluas pasar. 

Transaksi online terus meningkat seiring dengan pertumbuhan digitalisasi, sehingga membuat kebutuhan jasa ekspedisi turut meningkat. 

Terkait meningkatnya kebutuhan jasa ekspedisi, Kenny mengakui sangat 
penting bagi UMKM memilih partner jasa ekspedisi yang tepat, yang tidak hanya menjadi supporting partner,  tetapi sudah menjadi bagian dan representasi produk itu sendiri. 

"UMKM harus pintar memilih partner logistik secara tepat untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang positif,” urai Kenny.

Sementara Country Manager Exabytes Indonesia Indra Hartawan menjelaskan, digitalisasi bagi pelaku usaha diharapkan mampu meningkatkan daya saing, serta memperluas peluang dalam mengembangkan pasar sehingga bisa meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM. 

Wujud Dukungan 

Kenny mengatakan, Lion Parcel ikut berkomitmen mendukung pertumbuhan bisnis UMKM, melalui penyediaan jasa ekspedisi sesuai kebutuhan, di mana perusahaan logistik merupakan enabler transaksi online, yang tidak langsung mendukung UMKM go digital, sesuai cita-cita pemerintah dengan target 30 juta UMKM go digital di tahun 2024.

Ada beberapa hal harus diperhatikan UMKM saat memilih partner logistik, antara lain memperhatikan layanan lengkap sesuai kebutuhan, jangkauan luas, teknologi yang mumpuni, program-program menarik dan  menguntungkan bagi UMKM. 

Kebutuhan-kebutuhan UMKM ini diharapkan dapat diakomodir PT. Lion Express yang berkomitmen menjawab kebutuhan UMKM melalui layanan beragam sesuai kebutuhan UMKM, mulai pengiriman harga murah sampai pengiriman jumlah besar dengan ongkos kirim terjangkau. 

Di samping itu, jangkauan pengiriman jasa ekspedisi ini mampu menjangkau pasar lebih luas, di mana 98 persen adalah menjangkau area di Indonesia, dan sisanya yakni 51 negara internasional di 5 benua. 

Di sisi metode kemudahan, Lion Parcel sudah menyiapkan sistem pembayaran COD, dengan beragam diskon dan insentif menarik bagi pelaku UMKM, seperti program Berani Kasih Emas (BRANKAS).

Program ini adalah loyalty program Lion Parcel yang menyiapkan hadiah emas bagi 1.000 pelanggan dengan transaksi terbanyak, di mana tahun ini mayoritas pemenang dicetak oleh UMKM. 

Di program ini, transaksi tinggi para UMKM menjadi bukti bahwa kebutuhan UMKM akan logistik sangat tinggi, sehingga Lion Parcel dipercaya UMKM menjadi partner logistik. 

Pada penjelasan pungkasnya, Kenny menyebutkan bahwa inovasi yang diberikan adalah komitmen Lion Parcel agar menjadi partner terbaik bagi UMKM sebagai penyedia jasa pengiriman. 

"UMKM di Indonesia mempunyai potensi besar untuk bertumbuh, katena itu kami ikut ambil bagian menjadi penyedia solusi logistik yang tepat," tutup Kenny.  

Semoga tulisan tentang Lion Parcel dukung pertumbuhan UMKM di SME DigitalFest 2023, ini wujudnya dapat bermanfaat bagi para pembaca, dan jangan lupa share serta nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut