get app
inews
Aa Text
Read Next : Bupati Giri Prasta Sembayang Bersama Upacara Mendem Pedagingan di Pura Puseh Buangga

Perjalanan 40 Tahun Legenda Pick Up Diesel Mitsubishi Colt L300 di Indonesia

Rabu, 21 September 2022 | 08:55 WIB
header img
40 tahun Mitsubishi Colt L300 mengaspal di Indonesia (foto: Mobilkomersial)

BADUNG,iNews.id - Tentu semua sudah hapal dengan kendaraan niaga satu ini. Ya, dialah Mitsubishi Colt L300. 40 tahun sudah mobil bandel,kuat dan irit ini mengaspal di Indonesia pada 1981 sejak pertama kali diperkenalkan di Jepang pada 1979.

Meski kini sudah menggendong mesin modern berstandar Euro 4, desain khas mobil pikap ini tetap dipertahankan. Ciri lainnya yang ikonik tuas kopling berada di bawah lingkar kemudi.

Menariknya, mobil ini mendapat beberapa kali penyempurnaan dari sisi mesin. Ini bukan tanpa alasan, karena yang dibutuhkan pada kendaraan ringan adalah mesin bandel, bertenaga, mampu mengangkut banyak barang, dan bisa mengarungi berbagai kondisi jalan di Indonesia. 

Mitsubishi Colt L300 pertama kali diperkenalkan di Jepang pada 1979. Dua tahun kemudian tepatnya pada 1981, Colt L300 mengaspal di Indonesia. 

Menariknya, mobil ini mendapat beberapa kali penyempurnaan dari sisi mesin. Ini bukan tanpa alasan, karena yang dibutuhkan pada kendaraan ringan adalah mesin bandel, bertenaga, mampu mengangkut banyak barang, dan bisa mengarungi berbagai kondisi jalan di Indonesia. 

Diketahui, Mitsubishi Colt L300 pertama kali diperkenalkan di Jepang pada 1979. Dua tahun kemudian tepatnya pada 1981, Colt L300 mengaspal di Indonesia. 

Pada saat itu hanya ada satu varian L300, yaitu mesin bensin 1,4 liter. Mitsubishi mempertahankan model ini selama 3 tahun.

Pada 1984, Mitsubishi meluncurkan dua model mesin. Pertama, engine bensin 1,6 liter dengan kode mesin 4G32. Model ini mampu menyemburkan tenaga hingga 72 PS pada putaran 5.000 rpm dan torsi 127 Nm pada 3.000 rpm. 

Kedua, varian L300 mesin diesel. Meski tenaga yang dihasilkan lebih kecil hanya 65 ps di putaran 4.200 rpm. Tetapi L300 diesel memiliki torsi lebih besar dengan 137 Nm pada 2.000 rpm. Kubikasi versi diesel ini cukup besar, yakni 2,3 liter sehingga lebih cocok mengangkut barang. 

Empat tahun kemudian, L300 mengalami peningkatan kubikasi jadi 2,5 liter. Varian diesel menggunakan mesin baru berkode 4D56 Astron yang menghasilkan tenaga lebih besar dengan daya puncak 74 PS di putaran 4.200 rpm dan torsi maksimal 142 Nm pada 2.500 rpm.

Pada 2000 Mitsubishi memutuskan tidak lagi menjual varian bensin. Konsumen lebih banyak memilih mesin diesel dengan pertimbangan lebih irit bahan bakar, perawatan mudah dan bandel.

Mitsubishi Colt L300 memiliki tiga model, yakni Cab Chassis, Pick Up Standart Deck, dan Pick Up Flat Bed tergantung kebutuhan. 

Pada 2022, Colt L300 menggendong mesin baru berstandar Euro 4 yang lebih ramah lingkungan berkapasitas 2.268 cc model 4N14 - DOHC 4 Cylinder Inline, Direct Injection, Inter Cooler Common Rail Turbocharger. 

Meski kapasitas lebih kecil, namun tenaga yang dihasilkan jauh lebih besar 99,25 PS pada 3.500 rpm dan torsi 200 Nm pada 1.000-3.500 rpm. 

"Kita sudah membuktikan lebih dari 40 tahun produk kualitas dari L300 sudah sangat bagus dan diterima masyarakat. Kita juga sudah punya hiqh quality dari pelayanan purna jual kendaraan light commercial vehicle dengan suku cadang yang sangat tersedia dan mudah didapatkan," ujar President Director PT Mitsubishi Krama Yudha Sales (MMKSI), Naoya Nakamura, belum lama ini.  

Dia mengungkapkan poin ini sangat penting bagi konsumen yang menggunakan L300 selama lebih dari 40 tahun mendukung bisnis mereka. 

Di mana kendaraan niaga harus ekonomis. Tak heran, sampai saat ini L300 telah menjadi backbone kendaraan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia. 

Di mana model ini terus menunjukkan performa penjualan positif dan mempertahankan posisinya sebagai merket leader di kelas niaga ringan.

Pikap Colt L300 saat ini banderol mulai dari Rp213,65 juta untuk model cab chassis dan Rp218,65 juta jenis pickup flat deck on the road (OTR) Jakarta. 

Sejak dipasarkan pertama kali pada 1981, total populasi kendaraan niaga tanpa hidung tersebut mencapai lebih dari 660.000 unit. Bila melihat dimensi dan kapasitas daya angkut, Colt L300 bersaing dengan Suzuki Carry dan Daihatsu Granmax.

Berita ini sebelumnya telah tayang di iNews.id dengan judul " Dikenal Bandel, Intip Sejarah Colt L300 di Indonesia "

Editor : Dian Burhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut