get app
inews
Aa Read Next : Segini Harga Masuk Serta Jam Operasional Pura Uluwatu di Bali

Mengapa Orang Batak Sangat Menjunjung Tinggi Marga? Simak Penjelasannya

Senin, 05 September 2022 | 21:14 WIB
header img
Suku Batak (dok Freepik)

BADUNG,iNews.id - Suku Batak salah satu suku terbesar di Indonesia, keberadaan mereka juga cukup tersebar di berbagai daerah. Suku ini umumnya berasal dari Pantai Barat dan Pantai Timur di Provinsi Sumatera Utara.

Uniknya, orang Batak memiliki marga yang menjadi identitas dirinya lho. Jadi tidak perlu heran, apabila masing-masing dari mereka memiliki marga berbeda-beda. 

Selain itu Suku Batak terbagi ke dalam enam sub-suku atau puak, yaitu Batak Toba, Batak Karo, Batak Pakpak, Batak Simalungun, Batak Angkola, dan Batak Mandailing.

Lantas, apa marga bagi orang Batak sangatlah penting? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 9 alasan di antaranya.

1. Identitas Asli

Marga merupakan identitas asli dari Suku Batak itu sendiri. Mereka sangat menjunjung tinggi marga, karena ada hubungannya dengan silsilah keturunan nantinya.

Marga sebagai identitas asli orang Batak juga dapat ditunjukan, ketika mereka berada di daerah di luar kampung halamannya. Merantau misalnya.

2. Silsilah keturunan

Bagi orang Batak, marga menunjukan silsilah keturunan dari mana iia berasal sehingga bisa diketahui asal mula nenek moyangnya. Tak sedikit pula, orang Batak memilih menikah yakni dengan menentukan marga mana yang akan dipinangnya.

3. Jadi Penerus

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, bagi orang Batak marga sangatlah penting. Di mana kelak orang itu akan jadi penerus dan menjaga silsilah keturunannya.

Perlu diketahui pula, penerus marga ini diwajibkan kepada laki-laki. Semenatra wanita harus dihorrmati, karena akan beperan sebagai boru yakni sosok (wanita) yang harus dihargai.

4. Berkaitan dengan Biologis

Selain itu, marga juga erat dengan kaitannya dengan biologis dari keturunan itu sendiri. Meskipun bukan dari satu rahim, namun itu sangatlah penting bagi masyarakat Batak.

Menurut kepercayaan yang mereka yakini, jika itu dilanggar maka khawatir akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Semakin Akrab

Apakah Anda pernah menyaksikan langsung, seseorang yang mulanya tidak saling mengenal, ternyata mereka orang Batak dan satu marga, kemudian tiba-tiba menjadi sangat akrab hanya dalam waktu yang singkat saja.

Alasannya, dengan adanya marga itu maka mereka adalah satu saudara meskipun tidak sedarah. Sehingga marga membuat satu sama lainnya jadi semakin akrab, walau sebelumnya belum saling mengenal.

6. Menentukan Jodoh

Marga juga menentukan urusan jodoh lho. Menurut informasi yang dihimpun, seseorang yang mencintai pasangannya dan mereka dalam satu marga, maka untuk melangkah ke jenjang selanjutnya atau menikah itu dilarang.

Hal tersebut karena marga dianggap sebagai satu keluarga, yang semestinya diikat dalam satu saja.

7. Alasan Merantau

Merantau menjadi salah satu kebiasan orang Batak, untuk itu tak heran jika Anda dengan mudahnya menemukan suku tersebut tersebar di mana-mana.

Mereka tidak takut untuk merantau, pergi ke daerah lain meskipun tidak mengenal kawasannya. Ini karena mereka meyakini, bahwa di tempat perantauan masih ada keluarga satu marga yang siap membantu. Meskipun awalnya tidak saling kenal.

8. Bisa Mendekatkan

Meskipun awalnya mereka tidak kenal, maka jika satu marga mereka akan langsung akrab dan seperti sudah kenal dalam waktu lama. Saat ada orang Batak saling bertemu, pasti yang ditanyakan adalah marganya.

Maka tak heran jika sesama satu marga, mereka tak sungkan untuk saling berbicara banyak hal.

9. Marga yang sama tidak berarti satu nama

Jika Anda bertemu dengan orang Batak bermarga Silalahi, bukan berarti ia hanya semarga dengan Silalahi saja. Bisa jadi, ada tiga marga yang sekeluarga dengannya.

Begitu juga dengan marga-marga lainnya, jadi Anda bisa menanyakan langsung kepada keluarganya. Mengapa hal unik itu bisa terjadi. Di mana marga bagi orang Batak sangatlah berharga.

Editor : Dian Burhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut