get app
inews
Aa Read Next : Ikuti Senam Bersama Masyarakat Jaten, Bupati Karanganyar Ajak Pengunjung Menyanyi dan Bagi Saweran

Resmi Nikahi Gadis Jambi, Putra Bupati Karanganyar Beri Mas Kawin Logam Mulia Seberat 526 Gram

Jum'at, 26 Agustus 2022 | 17:47 WIB
header img
Putra Bupati Karanganyar Ilyas Akbar Almadani resmi nikahi gadis asal Jambi dengan mas kawin emas logam mulia (Foto: tangkapan layar YouTube)

BADUNG, iNews.id - Putra tunggal Bupati Karanganyar Ilyas Akbar Almadani menikah dengan Putri Rifqi Marindatama, di Jambi, hari ini Jumat (26/8/2022).

Saat prosesi ijab Qobul, Ilyas memberikan mahar berupa seperangkat alat salat, emas logam mulia seberat 526 gram dan uang tunai Rp 26.822.000.  

Prosesi akad nikah tersebut berlangsung di kampung halaman mempelai wanita di Provinsi Jambi, sekira pukul 09.00 WIB. 

Prosesi ijab kabul Ilyas yang juga Ketua DPD Golkar Karanganyar ini juga disiarkan langsung melalui akun YouTube Finnest Film.

Meski awalnya terlihat tegang, namun Ilyas dengan lantang mengucapkan Ijab kabul dalam satu tarikan napas disaksikan orang tua kedua mempelai, saksi dan keluarga yang hadir.

Hadir sebagai saksi dalam ijab kabul tersebut Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar Sutarno.

Sebelum akad nikah, sebagai orang Jawa keluarga Juliyatmono tetap melaksanakan prosesi adat Jawa disandingkan dengan tradisi Melayu. Seperti siraman, juga tradisi jualan dawet usai acara siraman.

Selanjutnya Kamis malam digelar acara Malam Bainai, yakni tradisi  pelepasan status lajang calon pengantin wanita dalam tradisi Minangkabau. 

Ilyas sendiri dalam malam Bainai, juga melakukan prosesi Melakok Suku Bagala, yang merupakan pemberian gelar calon pengantin. Prosesi ini dilakukan bagi calon pengantin (bukan suku minang) baik pria maupun wanita yang hendak menikahi seseorang dari suku Minang (baik pria maupun wanita).

Saat itulah Ilyas menerima marga/suku Tanjuang yang merupakan subsuku dari Suku Minangkabau. Sedangkan calon istrinya, Putri Rifqi Marindatama berasal dari Marga/Suku Jambak.

“Saya mendapatkan nama baru sesuai dengan adat Minangkabau, yaitu Sutan Palito Alam yang bermakna cahaya yang menerangi alam,” pungkasnya.

Editor : Dian Burhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut