get app
inews
Aa Read Next : Candi Badut, Jejak Kebesaran Hindu dan Pengakuan bagi Penyiar Agama Hindu di Jawa Timur

Mengenal Teori Waisya Masuknya Agama Hindu di Indonesia, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Jum'at, 29 Juli 2022 | 17:17 WIB
header img
Mengenal Teori Waisya Masuknya Agama Hindu di Indonesia, Ini Kelebihan dan Kekurangannya (Foto:iNews.id)

BADUNG, iNews.id - Apa yang Dimaksud dengan Teori Waisya? Isi teori waisya merupakan salah satu teori yang menyatakan bahwa adanya peran besar para pedagang dalam menyebarkan kebudayaan India di Indonesia. 

Teori waisya merupakan salah satu dari empat teori yang membahas masuknya pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia. 

Teori-teori ini masuk menjadi salah satu materi dalam pelajaran sejarah. Namun, tahukah kamu bagaimana proses masuknya teori waisya? Simak di sini informasinya.

Dalam teori ini dijelaskan juga bahwa penyebaran pengaruh India di Indonesia juga diikuti dengan proses perkawinan antara pedagang India dengan wanita-wanita Indonesia.

Teori waisya dikemukakan oleh NJ Krom. Berdasarkan teori ini, NJ Krom mengatakan bahwa para pedagang yang berasal dari India datang ke Indonesia karena angin musim. Jika angin musim menunjukkan keadaan yang tidak baik, maka para pedagang tidak akan datang ke Indonesia.

Kasta Waisya Teori waisya juga lahir karena adanya kasta waisya pada zaman dahulu. Dalam agama Hindu. masyarakat dibedakan berdasarkan perannya. Setiap peran memiliki tingkatannya masing-masing.

Semakin tinggi peran atau jabatan seseorang, maka semakin tinggi juga kastanya. Dalam Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI), kasta adalah golongan (tingkat atau derajat) manusia dalam masyarakat agama Hindu

Pada saat itu, kasta terbagi menjadi empat tingkatan, yaitu Brahmana, Ksatria, Waisya, dan Sudra. 

Dalam agama Hindu, Waisya merupakan kasta ketiga yang berisikan para pedagang, petani, dan tukang.

Meskipun sebagai kasta ketiga, tanpa adanya kasta ini maka masyarakat juga akan kesulitan untuk mendapatkan makanan, barang-barang, hingga membangun rumah atau ruangan.

Sehingga bisa dikatakan bahwa kasta ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam siklus kegiatan ekonomi dan bisnis melalui perdagangan. Kelebihan dan Kekurangan Teori Waisya Sama seperti teori kebanyakan lainnya, teori waisya juga memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Berikut kelebihan dan kekurangan teori waisya: Kelebihan Teori Waisya 

Editor : Bramantyo

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut