get app
inews
Aa Read Next : Al Azhar IIBS Gelar Akhirussanah Perdana, Harapkan Lulusan Bisa Bersaing di Dunia Internasional

Melongok Al Azhar IIBS, Sekolah Premium Icon Karanganyar yang Utamakan Adab

Kamis, 13 Juni 2024 | 21:09 WIB
header img
Melongok Al Azhar IIBS, sekolah premium yang menjadi icon Kabupaten Karanganyar yang selalu mengutamakan adab. Foto : iNewsbadung.id / Setyo Hartono

KARANGANYAR, iNewsbadung - Berada di lereng Gunung Lawu, Al Azhar International Islamic Boarding School (IIBS) telah menjadi salah satu icon Kabupaten Karanganyar yang sangat diminati hingga luar negeri. 

Meskipun diminati masyarakat hingga sampai daerah lain dari Sabang sampai Merauke, bahkan sampai luar negeri seperti Singapura, Kairo, Malaysia, Brunei Darussalam, Qatar, Abudabi dan Australia, namun Al Azhar IIBS mengutamakan adab. 

Mengutamakan adab ini disebutkan Ahmad Zulfiqar A.A.A., S. Fil. I., MIRKH., Director of Internasional Affairs & Public Relation Al Azhar IIBS, sesuai motto sekolah, yakni menghasilkan generasi muslim 4.0 dalam balutan Al Quran dan Adab yang berdaya saing global. 

Selain itu, kampus yang lahir dari sinergi dan kolaborasi antara Al Azhar Solo Baru dengan Pondok Iskarima ini juga memperhatikan tiga pilar yaitu Qur'anic Learning, Courtesy Oriented dan World Class Education. 

Ahmad Zulfiqar menambahkan, semua kegiatan pembelajaran yang dilakukan Al Azhar IIBS memiliki basic atau dasar Al Quran, sehingga sebelum pembelajaran dimulai semua wajib membaca Al Quran.

Bahkan tercatat lebih dari 50 anak di Al Azhar IIBS telah menyelesaikan 30 juz. 

Meskipun sekolah baru berjalan di umur ketiga, disebutkan Ahmad Zulfiqar banyak murid-murid yang sudah diterima di perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

"Mereka tidak hanya sekedar diterima, karena kerjasama dengan Islamic Center ataupun lembaga pendidikan kampus luar negeri yang dituju para siswa, sehingga di weekend, anak-anak bisa mengajar disitu dan menjadi agen-agen dakwah," urai Ahmad Zulfiqar dihadapan awak media, Kamis (13/6/2024). 

Adab dikatakan Ahmad Zulfiqar mulai banyak yang hilang, karena itu di kampus Al Azhar IIBS diutamakan pembelajaran adab, di mana tugas-tugas adab selalu diberikan termasuk saat liburan sekolah. 

Kampus yang berada di Desa Salam, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Provinsi JawaTengah ini dalam sehari-hari menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, dilengkapi beberapa native speaker. 

Selain bilingual activity, kampus yang terdiri dari dua unit pendidikan yakni SMP 51 AA IIBS dan SMA 28 AA IIBS ini di semua jenjang juga memiliki kelas tahfidz dan digital.

Program ini dikatakan Ahmad Zulfiqar  sebagai keunggulan-keunggulan Al Azhar Solo Baru dan Iskarima yang digabungkan hingga melahirkan Al Azhar IIBS. 

Karena itu, keberadaan Al Azhar IIBS merupakan kesempatan untuk mencetak generasi yang akan melanjutkan estafet Indonesia Emas tahun 2045. 

Animo Masyarakat

Sementara Khilmi Dzulqornain, Lc, M.Pd., Director of Enrollment & IT, menjelaskan bahwa saat ini kampus Al Azhar IIBS sedang proses pengembangan, di mana pembangunan yang sedang dilakukan masih 45 persen. 

Tidak hanya itu, Khilmi Dzulqornain,
mengakui bahwa sebenarnya tahun ini belum saatnya untuk membangun, namun karena animo masyarakat sangat cukup tinggi, maka harus menambah kapasitas. 

Tingginya animo masyarakat ini disebutkan Khilmi Dzulqornain terlihat dari panjangnya antrian inden yang sudah dilakukan, bahkan ada yang sudah inden mendaftar padahal calon siswa siswi yang bersangkutan masih duduk di bangku TK dan kelas empat SD. 

Sekolah Premium 

Selain masih dalam proses pengembangan, sekolah yang berada di bawah Yayasan Makarima ini merupakan sekolah boarding school premium yang belum banyak ada di Solo Raya. 

Bicara tentang biaya sekolah baik uang pangkal ataupun SPP, sekolah yang memiliki dua kelas putra dan dua kelas  putri dalam setiap angkatannya ini menetapkan Rp110 Juta per siswa untuk uang pangkal SMP ataupun SMA. 

Sedangkan SPP SMP adalah Rp6,7 Juta dan SPP SMA Rp8,5 Juta per bulan. 

"Uang pangkal Rp110 Juta itu bisa up and down, tergantung punya prestasi atau tidak, hafal Al Quran atau tidak," terang Khilmi Dzulqornain. 

Sedangkan uang pangkal bagi siswa-siswi SMP AA IIBS yang ingin melanjutkan SMA AA IIBS hanya Rp70 juta, atau Rp110 Juta bagi siswa-siswi dari luar SMP AA IIBS. 

Besarnya uang pangkal dan SPP ini disebutkan Khilmi Dzulqornain dan Ahmad Zulfiqar sebanding dengan fasilitas yang diberikan, seperti asrama putra dan asrama putri yang terpisah, kamar bersih ber AC, makan sehari tiga kali, laundry, ektrakurikuler, fasilitas kelas premium seperti yang dilihat iNewsbadung.id saat Kampus Tour. 

Tokoh Nasional 

Kampus yang sudah menjadi icon pendidikan di Solo Raya, terutama Kabupaten Karanganyar ini tidak hanya memiliki para siawa-siswi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan luar negeri, tetapi juga banyak diminati putra-putri para tokoh nasional atau public figur. 

Rakana dan Raina adalah putri kembar Irfan Hakim, artis dan pembawa acara kondang, di mana keduanya tercatat sebagai siswa SMP Al Azhar IIBS pada tahun ajaran 2022/2023. 

Ada juga putri Ustad Felix Siauw, putri politiai Paryono dari Karanganyar, adik Via Vallen dan putra-putri para petinggi dan public figur lain di tanah air. 

Semoga tulisan tentang Melongok Al Azhar IIBS, Sekolah Premium Icon Karanganyar yang Utamakan Adab, dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. *** 

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut