get app
inews
Aa Read Next : Bagas Nursatwika, Mahasiswa ISI Surakarta Juarai Lomba Macapat Tingkat Provinsi DIY

Lorca Biru, Desainer Interior Muda yang Sukses Bangun Reputasi

Sabtu, 08 Juni 2024 | 21:41 WIB
header img
Salah satu karya desain interior Lorca Langit Biru. Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid

KARANGANYAR, iNewsbadung.id - Lorca Langit Biru, desainer interior berbakat ini sukses membangun reputasi sebagai desainer interior internasional. 

Selama 15 tahun berkarir di Australia, Lorca Biru berhasil menyabet 10 penghargaan bidang desain interior di mana tujuh diantaranya meraih predikat terbaik (award winning).

Kesuksesan Lorca Biru membangun reputasi internasional ini membuatnya menyandang label Multi Award Winning Interior Designer. 

Penghargaan pertama yang diraih adalah International Green Interior Award dan Vivid Design Competition Australia, sebagai global finalist dan national finalist di tahun 2015. 

Selanjutnya penghargaan demi penghargaan diraihnya, antara lain pemenang HIA Award dan Houzz Award tahun 2017. 

Penghargaan Houzz Award kembali  diraih di tahun 2018, hingga terpilih sebagai finalis INDE Award 2023, serta dua kali memenangi penghargaan bergengsi Good Design Award di tahun 2020 dan 2022.

Tidak hanya itu, pria yang sudah 16 tahun tinggal di Perth Australia ini juga terpilih menjadi yang terbaik pada APAC Insider Australian Enterprise Award di tahun 2023 dan 2024.

APAC Insider merupakan platform bisnis yang berdiri sejak tahun 2015 dan sudah menerbitkan 36 majalah dengan cakupan wilayah di Asia dan  Pasifik.

Sedangkan penganugerahan penghargaan APAC Insider ini diselenggarakan setiap tahun, di mana di tahun 2024 sudah memasuki edisi ke-8. 

Di hadapan para awak media, Lorca Biru mengaku sangat bangga dengan pencapaian yang diraih. 

Namun, ia tidak lantas berpuas diri, karena penghargaan yang diraih merupakan cara untuk meningkatkan kualitas produk interior dan furniture. 

"Penghargaan ini menjadi pemicu bagi saya untuk meningkatkan kualitas produk furniture dan interior di Indonesia,” ujar Lorca Biru saat koferensi pers di Kebonne Totok, Solo, Jumat (7/6/2024). 

Di tahun 2024, Lorca Biru dinobatkan sebagai Most Exclusive Furniture Design Company.

Lama tinggal dan kuliah di Australia, membuat Lorca Biru terdorong mengadopsi SOP kerja pabrik interior dari Australia. 

Sehinhga Lorca pun terdorong meningkatkan kualitas produk interior lokal, sehingga pabrik interior “Kebonne Totok”, mengadopsi teknologi, mesin dan SOP dari Australia . 

Adopsi ini dilakukan pemilik brans Lorca Biru sebagai langkah awal untuk mulai menaikkan standart kualitas produk interior di Indonesia.

Lorca menambahkan, pasar domestik juga perlu melakukan peningkatan kualitas produk, sehingga bisa bersaing di pasar global. 

Sebagai produk yang melayani custom order Lorca selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi customernya. 

Tanpa lelah, mahasiswa program studi Produk dan Furniture Desain di Curtin University ini berusaha mendengarkan dan memenuhi permintaan client untuk  diterapkan dalam setiap detail desainnya. 

Putra salah satu pengusaha konstruksi di Colomadu, Kabupaten Karanganyar ini mengaku sangat optimis dengan perkembangan desain interior di Indonesia. 

Menurutnya perkembangan desain interior di Indonesia mengalami trend positif, ditandai dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap  pentingnya membangun interior rumah yang tidak hanya fungsional, namun juga mempertimbangkan sisi estetika.

Sementara terkait perbedaan mendasar dari standart operasional produksi interior di Australia dan Indonesia disebutkan Lorca, bahwa  hampir semua proses produksi di Australia menggunakan mesin. 

Digunakannya mesin karena dapat melakukan perhitungan ukuran secara presisi.

Sedangkan produsen interior di Indonesia masih banyak dilakukan secara manual, mengandalkan keterampilan tukang.

“Di Australia, proses manualnya saat perakitan dan packing saja, selebihnya menggunakan mesin," terang Lorca.

Beragamnya tingkat keterampilan tukang di Indonesia, disebutkan Lorca Biru sulit untuk membuat standarisasi yang terukur terkait kualitas pekerjaan interior dan furniture. 

Sebaliknya, jika menggunakan mesin, dikatakan Lorca bahwa semua terukur, presisi, sehingga dapat menetapkan standarisasi dan membuat SOP produksi.

Tidak hanya itu, produksi menggunakan mesin ini dapat meningkatkan efisiensi kerja, sehingga produksi dapat diselesaikan lebih cepat.


Kolaborasi 

Brand Lorca Biru disebutkan Lorca sudah memiliki pasar, baik di Indonesia ataupun internasional, namun brand lokal ini membuka peluang kolaborasi bagi para desainer interior lokal. 

Kolaborasi ini dikatalan Lorca untuk 
mendukung upaya peningkatan kualitas produksi interior dan furnitur di pasar domestik. 

Lorca mengaku siap membantu desainer interior lokal dari sisi produksi interior dan furniture, sehingga standart produksi desainer interior lokal dapat meningkatan kualitas.

Kolaborasi ini juga diharapkan dapat memunculkan desainer-desainer interior Indonesia yang mampu berprestasi dan bersaing secara global.

“Kebonne Totok membuka ruang kolaborasi dengan desainer interior di Indonesia, yang ingin meningkatkan kualitas produknya, bahkan kami siap menjadi partner produksi interior dan furniture untuk desainer interior di Indonesia," urai Lorca Biru.

Melalui kolaborasi, Lorca yakin akan banyak melahirkan potensi-potensi terpendam dari para desainer interior lokal. 

Menurut Lorca, kreativitas para desainer interior ini bisa jadi kurang muncul karena tidak didukung dengan lini produksi yang mumpuni. 

Harapannya, kolaborasi bisa menjadi penyemangat bagi desainer interior lokal, sehingga mampu bersaing di tingkat internasional secara kualitas produk ataupun desain. 

Berikut penghargaan yang sudah diraih Lorca Biru : 

International Green Interior Award 2015 (Global Finalist)
VIVID Design Competition Australia 2015 (National Finalist)
HOUZZ Award 2017 (Winner)
HIA Award 2017 (Winner)
HOUZZ Award 2018 (Winner)
Good Design Award 2020 (Winner)
Good Design Award 2022 (Winner)
APAC Insider Australian Enterprise Award 2023 (Winner)
INDE Awards 2023 (International Shortlisted)
APAC Insider Australian Enterprise Award 2024 (Winner)

Semoga tulisan tentang Lorca Biru, Desainer Interior Muda yang sukses bangun reputasi, ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut