get app
inews
Aa Read Next : Dosen Fakultas Pertanian UTP Khawatirkan Dampak Kesehatan BPA

Dosen FEB UTP Terpilih Jadi Dosen Pembimbing Terbaik

Sabtu, 09 Desember 2023 | 21:12 WIB
header img
Dosen FEB UTP terpilih jadi dosen pembimbing terbaik. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

SOLO, iNewsbadung.id - Dosen FEB Universitas Tunas Pembangunan (UTP) belum lama ini terpilih jadi dosen pembimbing terbaik pada program Wirausaha Merdeka (WMK). 

Program Wirausaha Merdeka (WMK) ini merupakan program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia yang memberikan kesempatan mahasiswa belajar dan mengembangkan diri menjadi calon wirausahawan melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. 

Terkait program Wirausaha Merdeka (WMK) yang didanai Kemendikbudristek, dua dosen FEB UTP, yakni Rahmatya Widyaswati., SE., M.M., serta Dr. Rini Adiyani, S.E, M.M., terpilih sebagai lima besar dosen pembimbing terbaik. 

Rahmatya Widyaswati atau biasa disapa Rahma, salah satu dosen yang tercatat ikut meraih predikat dosen pembimbing terbaik ini merasa senang dan bangga atas pencapaian ini. 

Prestasi ini diakui Rahmatya sebagai salah hasil cerewetnya ke mahasiswa, yang sudah menyelesaikan program dengan baik. 

Disela-sela kesibukan mengajar, Rahma menyebutkan bahwa WMK adalah tempat belajar baru untuk mengupgrade diri dan menjaring relasi. 

"Program WMK membuat mahasiswa  belajar banyak tentang kewirausahaan, bertemu mentor-mentor yang telah sukses menjadi praktisi di program WMK," terang Rahma. 

Rahma menambahkan ini merupakan tantangan baru bagi dirinya dipercaya untuk membimbing mahasiswa, tidak hanya dari UTP,  tetapi juga dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).  

Rahma menceritakan, produk mahasiswa yang dibimbingnya antara lain produk makanan olahan ayam yang dikemas dalam bentuk ricebowl.

Di mana ricebowl yang membedakan adalah dikombinasikan dengan sambal khas rasa Nusantara, seperti sambal matah, sambal ijo dan sambal bawang, yang dibuat lima mahasiswa.

Rahma menegaskan, produk yang diciptakan mahasiswa UTP ini tidak berhenti disini, tetapi mahasiswa dapat  melanjutkan kegiatan ni dan bisa terus mengembangkan produknya menjadi sebuah usaha yang sukses.

Sementara ditempat terpisah, Dr. Rini Adiyani, S.E, M.M., salah satu dosen pembimbing terbaik menjelaskan,
saatnya FEB UTP berkembang menyelaraskan sesuai visi dan misi fakultas sebagai kampus entrepreneur.

Rini menyebutkan, bahwa UTP ingin mencetak lulusan entrepreneur handal di masa depan, di mana melalui program ini dapat memotivasi mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan skill, sehingga menjadi entrepreneur muda mumpuni. 

"Mumpung masih muda dan diwadahi, maka mahasiswa harus mampu  memanfaatkan sebaik-baiknya menjadi wirasuhawan sukses nantinya," jelas Rini.

Rini berharap, melalui program WMK, UTP bisa mempunyai inkubator kewirausahaan, sehingga di tahun 2025 dapat mandiri mengadakan kegiatan, mulai lingkup dari FEB, hingga ke depan lanjut ke tngkat pusat atau nasional. 

Kegiatan ini dipastikan Rini sangat berdampak bagi mahasiswa dan lulusan FEB UTP, sehingga lebih siap dan percaya diri menjadi wirausahawan muda. 

Semoga tulisan tentang dosen FEB UTP terpilih jadi dosen pembimbing terbaik ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. *** 

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut