get app
inews
Aa Read Next : Temu Investor dan Malam Apresiasi Hetero for Startup, Peserta Terbaik Bertemu Gubernur Ganjar

Hetero for Startup Season 3 Loloskan 35 Peserta dari 2000 Pendaftar

Selasa, 30 Mei 2023 | 07:39 WIB
header img
Hetero for Startup Season 3 loloskan 35 peserta dari 2000 pendaftar. Foto : Istimewa

SOLO, iNewsbadung.id - Hetero for Startup Season 3 loloskan 35 peserta dari 2000 pendaftar yang tersebar dari seluruh Indonesia. 

Setelah melalui beberapa tahap kurasi, terpilih 700 pebisnis untuk dapat mengakses Learning Machine System (LMA), di mana terdapat materi pengembangan bisnis, serta tugas yang harus dipenuhi peserta. 

Melalui kurasi lanjutan, dari 700  peserta terpilih 35 pebisnis yang dapat melanjutkan ke tahap make over, untuk didampingi para asesor, serta mentor secara online ataupun offline. 

Pelaksanaan mentoring offline dilaksanakan selama empat hari, di mana 35 peserta terpilih melakukan check ini kepasa para mentor untuk melakukan tindak lanjut dari hasil audit. 

Tindak lanjut meliputi pemberian materi, dan challenge berbeda-beda sesuai kebutuhan masing-masing bisnis peserta disesuaikan sektor bisnis. 

35 peserta terbagi dalam tujuh sektor bisnisnyaitu agriculture, wellness, creative, fashion and craft, food and beverages, renewable energi dan technology

Peserta terpilih bidang agriculture yakni Tarunira, Oke Garden, Teman Pasar, Nom Nom Herbs dan Spices, KOR, Today Tech dan Minaverse. 

Bidang wellness adalah Fisiohome dan Okami, sektor creative yaitu IOTA Kreatif Media / IOTA Kids, Jeggboy & girl, Nyalanesia, Arsibro, Omahcetak Indonesia.

Ms Artsy, Ungatawwa Handmade, KawaMala, Hamka Indonesia, Ecoplast ID dan Kasihinbaju.id, terpilih dari peserta bidang fashion dan craft. 

Untuk sektor food and beverages, terpilih Sanfood Brilian, Moringa Good, Jiwanta, Bina Rasa Bakery, Dapur cimorama, Lombok Kuning, Simpati dan lapak Cindo.

Renewable Energy yaitu Gelatah dan bidang technology, dipilih UMEDS, Nikahyuk, Link Productive, , betukang.id, Inorder, dan BidFish.id. 

Salah satu asesor Hetero for Startup, Imam Subchan mengatakan, bahwa ada hal menarik pada season 3 ini, yaitu bagaimana peserta startup-startup dapat memberikan social impact lebih besar dibandingkan season sebelumnya.  

“Jika dulu startup bicara revenue, sustainability, sekarang kita mulai berbicara tentang impact yang dapat dihadirkan dengan adanya startup-startup unggulan," uajranya sambil berharap Hetero for Startup Season 3 bisa menjadi langkah awal peserta memberikan dampak ke depan. 

Terkait HfS season 3, Imam menjelaskan telah melakukan beberapa kegiatan yang dimulai Rabu (24/5/2023) yakni melakukan mentoring tentang business growth concept

Kegiatan selanjutnya adalah challenge day yang dilakukan Kamis (25/5/2023), di mana peserta menuju lokasi lokal bisnis di Solo untuk menggali kondisi serta keadaan perusahaan /usaha tersebut. 

Presentasi hasil challenge day dilakukan Jumat (26/5/2023), menghadirkan tamu undangan dari berbagai pihak mulai business local, universitas, pemerintahan, dan perusahaan swasta.

Sedangkan mentoring tentang  participant grooming, presentasi teknik pitching, dan kelas pitch deck telah digelar Sabtu (27/5/2023). 

Local business yang digandeng untuk  menjadi representasi sektor bisnis Heterro for Startup Season 3 antara lain Danar Hadi untuk sektor fashion, craft dan creative.

Di sektor sektor food and beverages, menggandeng Cold n Brew, dan Susu Murni Nasional di sektor agriculture dan wellness. 

Sedangkan untuk sektor technology, Hetero for Startup Season 3 ini menggandeng Solo Technopark. 

Pandu Rosadi, salah satu mentor fashion, craft dan creative, sekaligus CEO of Ria Miranda merasa terkesan dengan sesi challenge day, di mana dirinya mendapat pelajaran. 

"Ini seperti study tour, bisa langsung bertemu para pelaku bisnis, sekelas Danar Hadi, dan pelajarannya luar biasa, sehingga saya rasa semua bisa mendapatkan manfaat," jelasnya sambil berharap adanya season-seaaon berikut di Hetero for Startup. 

Sesudah tahap mentoring, 35 peserta melanjutkan tahapan akhir, yakni Demo Day, di mana meliputi Pitching, Comparative Visit, Goverment Meets dan Networking Session, yang dilakukan Senin (29/5/2023) sampai  Selasa (30/5/2023). 

“Semangat sampai tahap selanjutnya, yakni Demo Day, semoga ada banyak pintu terbuka setelah dari Hetero for Startup Season 3 ini,” ujar Asri Saraswati, CMO of Agradaya.id, sekaligus mentor dari sektor agriculture and wellness.

Semoga tulisan tentang Hetero for Startup Season 3 loloskan 35 peserta dari 2000 pendaftar ini bermanfaat bagi para pembaca. 

Silahkan share tulisan ini, dan nantikan selalu tulisan-tulisan lain hanya di iNewsbadung.id, sehingga semakin banyak orang mengetahui informasi menarik dan benar lainnya. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut