get app
inews
Aa Read Next : Menakjubkan, Teleskop Webb NASA Abadikan Wujud Pillars of Creation di Luar Angkasa

Daftar 5 Hacker Indonesia Paling Berbahaya, Salah Satunya sukses Jebol NASA

Rabu, 14 September 2022 | 21:24 WIB
header img
Deretan Hecker asal Indonesia berkelas dunia salah satunya mampu menjebol NASA (Foto: Sindonews)

BADUNG, iNews.id -  Hacker, merupakan seorang ahli komputer yang memiliki pengetahuan teknis yang mumpuni. Mampu meretas data perusahaan juga instansi pemerintah. Diketahui ada beberapa hacker kelas dunia yang berhasil meretas data dan membuat kehebohan.

Sebut saja Jonathan James adalah remaja Amerika di tahun 1999 pernah meretas Departemen Pertahanan AS pada tahun 1999, hingga NASA harus mematikan komputer mereka selama tiga minggu. Dia sempat menjalani hukuman dari pemerintah Amerika. Kemudian ada Gary McKinnon, dia berhasil meretas lebih dari 97 jaringan militer AS. Alasannya ingin mengetahui informasi tentang UFO.

Jika mereka berasal dari luar negeri, ternyata Indonesia juga memiliki deretan peretas hebat yang dikenal dunia. Bahkan ada hacker asal Indonesia yang ditakuti oleh para peretas di dunia.

Tertarik untuk mengetahuinya, ini informasinya yang dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Putra Aji Adhari

Nama Putra Aji Adhari sempat menggegerkan dunia pada 2019 lalu. Saat itu usianya masih belasan tahun dan duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).  Saat itu berhasil meretas sistem NASA yang merupakan lembaga penting penerbangan internasional.

Putra Aji masuk golongan white hacker yang berusaha mencari titik lemah dari situs suatu lembaga. Setelahnya dia memberikan informasi kepada instansi tersebut untuk meningkatkan keamanannya

2. Jim Giovedi

Jim Giovedi disebut hacker paling berbahaya di dunia, memiliki kemampuannya mengubah arah satelit. Padahal, arah satelit sudah diperhitungkan dengan matang agar seluruh sistem di suatu negara bisa berjalan dengan lancar.

Akhirnya di tahun 2004, Jim memutuskan memanfaatkan kemampuanya di jalan yang benar dengan membangun perusahaan konsultan keamanan digital. Seringkali pria kelahiran Lampung itu diundang ke berbagai negara untuk mengisi seminar tentang sistem keamanan digital.

3. M Nosa Sandi Prasetyo

Pemuda asal Jawa Timur ini berhasil menemukan kelemahan pada Google. Setelah melaporkan kelemahan tersebut dia mendapatkan hadiah besar dari Google senilai 7.500 dolas AS (Rp111,7 juta).

Menggunakan nama alias Apapedulimu, Sandi Prasetyo menemukan kerentanan pada sistem inti Google, karena ini merupakan layanan yang menyimpan data user.  Kemampuannya menemukan kerentanan, Sandi Prasetyo memutuskan untuk menjadi Bug Hunter atau Bug Mounty.

4. ADC

Menggunakan inisial ADC, hacker ini berhasil meretas ribuan situs pemerintah dan juga swasta daan lingkup nasional hingga internasional. Namun, ia menggunakan hal tersebut demi mendapatkan banyak uang yang digunakan keperluan pribadi. Atas aksinya tersebut, Kepolisian Republik Indonesia akhir menangkap pria yang menggunakan inisial ADC.

5.Xnuver 

Seseorang yang menggunakan akun Xnuver membuat kehebohan setelah sukses membobol situs KPU. Pria asal Kebumen, Jawa Tengah ini memiliki nama asli Dani Firmansyah meretas dan mengubah berbagai partai politik dengan nama buah-buahan pada laman KPU.

 

Berita ini sebelumnya telah tayang di IDX Channel dengan judul "Sederet Hacker Terkenal di Indonesia, Ada yang sukses jebol NASA"

 

Editor : Dian Burhani

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut