get app
inews
Aa Read Next : Asal Muasal Nama Kota Bandung, Benarkah Dahulunya Kota Kembang Ini Awalnya Telaga atau Danau?

Danau Angker di Atas 5 Gunung ini Tetap Ramai Dikunjungi Meski Bernuansa Horor, Mana Saja?

Rabu, 07 September 2022 | 21:42 WIB
header img
Danau di Atas Gunung Ini Ramai Dikunjungi Pendaki (Foto: iNews.id)

BADUNG, iNews.id - Masyarakat mengenal beberapa gunung di Indonesia terkenal dengan keangkerannya. Masih banyak kisah mistis yang menyelimuti gunung yang tersebar luas di Indonesia. 

Dan masing-masing juga memiliki kisah misteri yang berbeda. Namun kesan angker tidak hanya disematkan pada gunungnya saja. Salah satunya keberadaan danau yang ada di gunung atau pegunungan juga memiliki kisah misteri. 

Ini adalah beberapa danau di gunung yang dipandang paling angker di Indonesia : 

1. Danau Habema

Danau paling angker di atas gunung di Indonesia pertama yang diulas belokasi di Gunung Trikora, Papua. Danau ini memiliki cerita mistis.  Pada waktu-waktu tertentu, banyak yang melaporkan adanya suara tangisan anak kecil. Konon, anak tersebut dikutuk karena telah melanggar adat istiadat setempat.

2. Ranu Kumbolo

Bagi pecinta gunung, Ranu Kumbolo mungkin tidak terdengar asing. Danau ini berlokasi di atas Gunung Semeru atau yang biasa dikenal dengan sebutan Mahameru.

Ranu Kumbolo memiliki cerita mistis terkait seorang dewi yang ada di dalam danau tersebut. Dia konon suka menampakkan diri di tengah danau. Biasanya kehadiran sang dewi selalu diiringi dengan gumpalan kabut putih.

Selain kisah dewi yang menjaga danau tersebut, terdapat cerita adanya pocong yang kerap menampakkan diri.Pocong tersebut suka menakuti para pendaki. Tak heran Ranu Kumbolo masuk daftar danau di atas gunung paling angker di Indonesia.

3. Danau Tiga Warna

Danau ini memiliki keunikan yaitu tiga warna pada airnya. Lokasinya ada di Gunung Kelimutu, Nusa Tenggara Timur. Warna danau ini diketahui sering berubah-ubah. Masyarakat setempat percaya setiap warna yang muncul di danau tersebut dihuni oleh roh orang meninggal.

4. Danau Segara Anak

Danau yang menduduki posisi keempat sebagai danau di atas gunung paling angker di Indonesia kali ini adalah Danau Segara Anak. Letaknya ada di atas Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat. Danau ini kabarnya memiliki sosok jin penunggu. Konon, di sekitar danau terdapat gua yang tidak boleh dijelajahi oleh pendaki demi keselamatan.

5. Danau Ciharus

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, danau ini memiliki banyak cerita misteri. Masyarakat sekitar percaya banyak jin penunggu yang berkuasa di sana.  Danau Ciharus berlokasi di Gunung Rakutak, Jawa Barat, dan dijuluki kembaran Ranu Kumbolo karena memiliki banyak kesamaan.

Konon, ada beberapa jin yang kerap menampakkan diri kepada pengunjung tertentu.  Biasanya makhluk halus akan menampakkan diri kepada orang yang melakukan perbuatan tidak baik.  Walaupun memiliki kisah mistis yang menyeramkan, namun tak bisa dipungkiri masing-masing danau memiliki keunikan dan keindahan tersendiri.

Editor : Dian Burhani

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut